Kompas.com - 27/10/2017, 20:18 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Apa yang Anda pikirkan saat menyebut kata Papua? Tentu salah satu yang terlintas adalah kekayaan alamnya.

Di antara banyak kekayaan alam Papua, salah satunya adalah burung-burung indah yang mendiami pulau paling timur di Indonesia itu.

Sayangnya, burung-burung tersebut saat ini dalam ancaman kepunahan. Bahkan melihat burung-burung indah tersebut sekarang tak lagi mudah.

Dikutip dari AFP, Kamis (26/10/2017), perkebunan dan pertanian disebut-sebut sebagai sarana untuk meningkatkan peluang ekonomi, berkembang pesat di Papua.

Baca juga: Spesies Burung di Inggris Ini Buktikan Adanya Evolusi

Namun, beberapa penduduk desa dan ahli konservasi memperingatkan hal ini akan mengakibatkan hutan hancur dan burung-burung yang menghuni hutan berada diambang kepunahan.

Jumlah burung cendrawasih, atau yang sering disebut sebagai bird of paradise, sudah menyusut saat ini. Mereka dijadikan makanan, dibunuh, dan bahkan dijual sebagai hiasan.

Pihak berwenang memang sudah lama melarang penjualan cendrawasih. Tapi masih banyak perdagangan ilegal yang berkembang karena permintaan internasional yang tinggi.

"Saat ini ancaman bukan hanya perburuan satwa liar, tapi pembalakan liar. Konversi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit dan coklat merupakan ancaman terbesar," kata Charles Roring, seorang pemandu burung.

Menurut Roring, hutan hujan Indonesia sendiri adalah rumah bagi 41 spesies burung. 37 di antaranya dapat ditemukan di hutan-hutan Papua.

Keragaman terdiri dari burung yang lebih kecil dari cendrawasih, yang dikenal dengan bulu kuning dan putihnya.

Halaman:
Sumber AFP


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.