Antara Pria dan Wanita, Siapa yang Lebih Mampu Kontrol Tekanan Darah?

Kompas.com - 20/10/2017, 18:45 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Hipertensi itu berbahaya. Tekanan darah tinggi dapat merusak lapisan dalam arteri, membatasi kemampuan jantung untuk memompa darah dan dapat menyebabkan gagal jantung.

Selain itu, kondisi ini juga mampu meningkatkan risiko stroke dan demensia vaskular. Ditambah lagi, hipertensi menjadi penyebab paling umum gagal ginjal. Hal ini dapat mengganggu penglihatan dan merusak pembuluh darah.

Sayang, penyakit ini tidak memiliki gejala. Dari 29 persen orang Amerika Serikat yang memiliki hipertensi, kurang dari separuhnya masih dapat mengendalikan.

"Kami memantau tren dan menginformasikan informasi statistik," kata seorang peneliti, Cheryl D. Fryar, seorang ahli statistik dengan N.C.H.S (The National Center for Health Statistics) seperti dikutip dari New York Times, Jumat (20/10/2017).

"Pembuat kebijakan dan petugas kesehatan dapat mengambil keputusan. Ini adalah panduan untuk langkah selanjutnya," sambung penulis jurnal berjudul The rate of controlled hypertension (Tingkat hipertensi terkontrol) itu.

BACA: Kenali Gejala-gejala Hipertensi Paru pada Anak

Pria dan perempuan berusia lebih dari 18 tahun, cenderung memiliki tingkat hipertensi yang sama. Pria memiliki tingkat yang agak lebih tinggi di usia yang lebih muda.

Tapi setelah usia 60 tahun, angka prevalensi pada perempuan 66,8 persen sementara pada pria adalah 58,5 persen.

Dalam populasi orang dewasa yang menderita penyakit ini, prevalansi hipertensi terkontrol adalah 48,3 persen, dan terus meningkat angkanya seiring pertambahan usia.

Meski angka prevalensi perempuan jauh di atas pria saat usia senja, namun perempuan lebih mampu mengendalikan tekanan darah mereka.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X