Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2017, 07:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kerusakan mata pada anak, menjadi hal yang paling disoroti di seluruh dunia saat ini.

Widyandana - akrab disapa Doni -, memilih fokus tersebut dijadikan bahan penelitian program spesialis kedokteran mata dan baru saja penelitiannya dipilih sebagai penelitian terbaik di ajang Internasional.

Dosen yang mengajar di fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Minggu kemarin (15/10/2017) baru saja pulang ke Indonesia.

Dia baru saja mengikuti forum The European Society of Catarat and Refractive Surgeons (ESCRS) di FIL (Feira Internacional de Lisbon), Lisbon, Portugal yang berlangsung sejak 7 sampai 11 Oktober 2017.

Forum yang menyoroti kesehatan mata ini cukup bergengsi, dengan peserta dari seluruh dunia. Di sinilah wadah berdiskusi dan mempresentasikan hasil penelitian terkait mata di depan seluruh perwakilan negara.

Setidaknya, ada 3059 presentasi dengan berbagai format seperti free paper, e-poster, course, dan lain sebagainya terkumpul.

"Dari jumlah itu diseleksi panitia, sampai tinggal 500 paper, yang lainnya jadi poster," ujar Doni saat dijumpai di Yogyakarta, Selasa (17/10/2017).

Paper dari Indonesia yang diwakili oleh Doni lolos.

Dalam acara tersebut, Doni mempresentasikan papernya yang berjudul "Early detection of Childhood Visual Impairment and Blindness using Key Informant Method in Bantul District, Indonesia" (Deteksi Dini Kerusakan Visual Anak dan Kebutaan dengan Metode Informan Kunci di Bantul, Indonesia).

Dosen yang bertugas di Departemen Pendidikan Kedokteran FK UGM itu tidak hanya hadir menjadi peserta yang terpilih untuk mempresentasikan karyanya.

Penelitiannya diapresiasi dan dinobatkan sebagai penelitian terbaik yang berhubungan dengan kerusakan penglihatan, yang akhirnya membawa pulang Orbis Medal.

Orbis sendiri merupakan LSM Internasional yang berpusat di Amerika, di mana mereka fokus melakukan terapi dan pencegahan untuk kebutaan di negara berkembang.

"Di forum ini, ada award-nya, yaitu Orbis Medal. Mereka menyediakan medali untuk free paper dan poster terbaik, yang terkait dengan terapi dan pencegahan untuk kebutaan di negara berkembang. Saya dapat award ini," sambungnya tertawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com