Kompas.com - 09/10/2017, 16:05 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Di dunia modern yang serba cepat ini, aktivitas manusia sangat bergantung pada infrastruktur listrik. Jika jaringan listrik terganggu, komputer akan mati dan semua bentuk perdagangan serta komunikasi elektronik akan berhenti.

Aktivitas manusia di abad ke-21 juga semakin tergantung dengan infrastruktur yang berada di Low Earth Orbit (LEO) atau Orbit Bumi Rendah.

Di orbit tersebut terdapat banyak satelit komunikasi, Stasiun Luar Angkasa Internasioanl dan armada satelit GPS.

Oleh karena alasan inilah, aktivitas solar flare atau badai matahari dianggap sebagai bahaya yang serius, dan mitigasi masalah ini perlu menjadi prioritas.

(Baca juga: Matahari "Bersin", Sebuah Kota Bisa Mati)

Tim peneliti dari Universitas Harvard baru-baru ini merilis sebuah studi yang mengusulkan untuk menempatkan perisai magnetik raksasa di orbit untuk mengatasi masalah tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh Manasavi Lingam dan Abraham Loeb dari Harvard Smithsonian Center for Astrophysicist (CfA) dengan judul "Impact and Mitigation Strategy for Future Solar Flares" ini menjelaskan jika badai matahari menimbulkan resiko yang sangat besar di dunia sekarang ini.

Adanya solar flare akan menyebabkan kerusakan global pada jaringan listrik, komunikasi satelit dan rantai pasokan global.

Kerugian ekonomi kumulatif di seluruh dunia, menurut laporan Dewan Studi Luar Angkasa tahun 2009, berkisar 10 triliun dollar AS sementara pemulihan akan memakan waktu beberapa tahun.

(Baca juga: Badai Matahari Terkuat dalam 12 Tahun Menuju Bumi, Akankah Mematikan?)

Namun, tampaknya ancaman ini belum mendapat perhatian yang lebih lanjut.

"Sebagian besar perhatian didedikasikan untuk asteroid," kata Loeb.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.