Kompas.com - 07/09/2017, 19:20 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Bumi tidak hanya menghadapi ancaman badai Irma, tetapi juga "badai" lain yang berasal dari matahari.

Badai matahari alias aliran partikel bermuatan dari bintang tata surya kita baru saja terbentuk pada Rabu (6/9/2017) kemarin.

Keterangan di situs web Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada Rabu menyebut, ada 2 badai yang terbentuk kemarin, tergolong dalam kelas X2.2 dan X9.3.

Badai dengan kelas X9,3 disebut sebagai yang terkuat dalam 12 tahun terakhir, terhitung sejak badai kelas X17 yang terjadi pada tahun 2005.

Baca Juga: Ada "Gelembung" yang Melindungi Bumi dari Bahaya, NASA Mengungkapnya

Kedua badai matahari itu terbentuk di zona aktif matahari bernama AR 2673. Pada 4 September 2017 lalu, area itu juga menghasilkan badai dengan kekuatan sedang.

Badai matahari kerap ditemani dengan gelembung plasma yang ukurannya mencapai 2 kali bumi. Bila menghantam bumi, badai matahari bisa memicu gangguan komunikasi, GPS dan listrik.

Meski demikian, badai matahari juga punya dampak indah. Partikel yang berinteraksi dengan lapisan magnetik bumi di kutub akan menghasilkan aurora.

Badai matahari terkuat sejauh ini terjadi pada tahun 2003, termasuk kelas X28. Meski terdengar menakutkan, badai matahari tak akan memicu dampak lebih buruk seperti kiamat.

Bumi punya pelindung magnetik sehingga hantaman badai tak berakibat fatal. Lain halnya bila manusia berada di bulan, manusia akan menerima radiasi matahari dalam jumlah besar yang akan sangat merugikan.

Baca Juga: Badai Matahari Terbesar Tertangkap Kamera NASA


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.