Teka-teki Penis Bebek yang Bisa Membesar hingga 10 Kali Lipat

Kompas.com - 22/09/2017, 18:06 WIB
Penis Bebek WiredPenis Bebek
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Banyak hal yang masih belum diketahui soal satwa, bahkan satwa macam bebek yang sering kita temui dan makan sehari-hari.

Dari sekitar 10.000 jenis burung yang telah diketahui, bebek menjadi kelompok minoritas langka yang memiliki organ serupa penis.

Uniknya lagi, organ genital itu dapat berkembang hingga 10 kali lipat menjelang musim kawin. Setelah musim kawin usai, "penis" itu akan menyusut.

Penelitian mengungkap bahwa "ereksi" bebek itu penyebabnya berbeda dengan ereksi manusia, bukan akibat sentuhan tetapi tekanan sosial.

Peneliti menemukan, semakin banyak pejantan yang bersaing, ukuran penis semakin cepat pula bertumbuh.

"Studi ini menggambarkan bagaimana kekuatan sosial dapat benar-benar membentuk anatomi tubuh sebuah individu," kata Richard Prum, peneliti dari Universitas Yale.

Baca Juga: Uniknya Seks Kodok yang Tak Mampu Bernyanyi

Prum dan rekannya, Patricia Brennan, peneliti dari Mount Holyoke College meneliti dua spesies bebek, yaitu Ruddy (Oxyura jamaicensis) dan scaups (Aythya affinis).

Selama dua tahun, mereka mengamati aktivitas seksual dua jenis bebek itu, baik saat satu jantan dipasangkan dengan satu betina atau beberapa jantan dipasangkan dengan satu betina.

Dalam kasus bebek scaup, berada dalam kelompok bebek pesaing sepertinya membuat bebek tergerak menjadi lebih unggul di antara pesaing lainnya, kemudian menumbuhkan penis yang lebih panjang.

Sedangkan pada bebek Ruddy, faktor hirarki diantara bebek sepertinya ikut berperan.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X