Kamasutra Satwa: Uniknya Seks Kodok yang Tak Mampu Bernyanyi

Kompas.com - 07/07/2017, 20:00 WIB
Anaxyrus boreas Jason Mintzer/ShutterstockAnaxyrus boreas
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com – Kodok Anaxyrus boreas bukan jenis yang penampilannya istimewa. Namun, kodok itu punya cara reproduksi unik yang tak dimiliki jenis lain.

Bagi spesies kodok yang bisa ditemukan di Amerika Serikat dan Meksiko itu, reproduksi adalah petualangan luar biasa mengidentifikasi betina.

Pasalnya, tak seperti lainnya, A boreas jantan tak punya pita suara yang bisa menghasilkan nyanyian penarik perhatian lawan jenis.

Spesies kodok itu lebih suka berkembang biak di habitat perairan yang dangkal dan tenang, seperti di daerah aliran sungai yang tergenang, mata air, dan kolam.

Saat musim kawin tiba - biasanya pada masa antara musim hujan dan kemarau - pejantan akan menunggu betina di tempat yang tepat bereproduksi.

Di sana, petualangan pun dimulai. Karena tak bisa memanggil betina dengan nyanyian, pejantan akan aktif bergerak menjemput bola.

Pejantan akan melompat-lompat. Sialnya, karena tak pandai mengidentifikasi kodok betina, pejantan akan hinggap pada apapun yang menyerupai lawan jenisnya, mulai kaleng bir hingga bola tenis.

“Mereka pada dasarnya melompat pada segala sesuatu yang tampaknya seperti kodok,” herpetologis Greg Pauly seperti dikutip dari Live Science pada Rabu (5/7/2017).

Sering kali, pejantan hinggap pada kodok jantan lainnya. Dengan sigap, si korban akan mengeluarkan kicauan peringatan meminta dilepaskan.

Bila telah menemukan pasangannya, kodok jantan yang lebih kecil akan memeluk erat kodok betina. Posisi cengkraman itu dinamakan amplexus.

Terkadang, lebih dari satu kodok jantan akan melompat ke satu betina. Alhasil, ada gulat untuk berebut betina.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X