Kenali Kebiasaan Anda, Menarik Rambut Bisa Jadi Kelainan Psikologis

Kompas.com - 22/09/2017, 16:07 WIB
Ilustrasi rambut rontok KwangmoozaaIlustrasi rambut rontok
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Seorang gadis berusia 16 tahun meninggal karena kondisi yang sangat langka bernama sindrom rapunzel. Remaja asal Inggris ini kehilangan kesadaran pada 7 September 2017. Dia lantas dibawa ke rumah sakit dan meninggal tak lama setelah itu.

Meski namanya terinspirasi oleh dongeng putri dengan rambut panjang, tetapi jangan salah, sindrom Rapunzel tidak memiliki akhir yang membahagiakan.

Lalu, apakah sindrom rapunzel itu? Kondisi ini terjadi ketika di dalam perut seseorang ditemukan gulungan rambut yang memiliki 'ekor' membentang hingga ke usus.

Gulungan rambut dalam jumlah yang banyak ini disebut trichobezoar. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti mual dan muntah. Ada kemungkinan bahwa trichobezoar bisa menyebabkan maag atau sakit di lapisan perut. Jika ada lubang atau luka di perut, bakteri dari gulungan rambut bisa masuk sehingga menyebabkan infeksi dan pembengkakan.

(Baca juga: Kasus Langka, Seorang Perempuan Terlahir Tanpa Vagina)

Namun dalam kasus remaja ini, gulungan rambut ini akhirnya menyebabkan kondisi yang disebut peritonitis, atau pembengkakan lapisan perut. Kondisi ini menyebabkan peradangan di seluruh tubuh dan membuat organ tubuh mati.

Dr Cathy Burnweit, kepala operasi anak di Rumah Sakit Anak-anak Nicklaus di Miami yang pernah menyingkirkan trichobezoars dari tubuh pasien membagikan pengalamannya. Berdasarkan kasus yang dia temui, gulungan rambut yang besar akhirnya mengeras setelah beberapa tahun.

"Trichobezoars kemudian dapat memblokir saluran usus besar seseorang sehingga menyulitkan seseorang untuk makan dan menyebabkan kekurangan gizi. Trichobezoars juga menyebabkan bau mulut." kata Burnweit.

Gulungan rambut itu perlu diangkat melalui prosedur operasi dan setelahnya, pasien memerlukan perawatan psikologis untuk mengatasi kebiasaan memakan rambuti.

(Baca juga: Mengenal Penyakit Hirschsprung yang Bikin Pria 22 Tahun Tampak Hamil)

Berawal dari gangguan psikologis

Kasus yang terbilang langka ini tentunya mengundang berbagai pertanyaan. Salah satunya, bagaimana bisa gulungan rambut itu sampai di perut seseorang? Ternyata, kasus ini merupakan rangkaian panjang dari sebuah kelainan psikologis.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X