Mengapa Gangguan Telkom 1 adalah Hal Biasa di Dunia Satelit?

Kompas.com - 30/08/2017, 21:46 WIB
ATM BCA di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, tidak berfungsi, pada Selasa (29/08) BBC INDONESIAATM BCA di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, tidak berfungsi, pada Selasa (29/08)
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, pada Selasa (29/08) sejumlah nasabah Bank Central Asia (BCA) menemui kekecewaan lantaran ATM bank tersebut tidak bisa berfungsi.

Beatrice, salah satu nasabah BCA, mensiasatinya dengan bertransaksi menggunakan ATM bank lain.

"Cukup gawat juga ya karena mengganggu transaksi kita. Alternatifnya saya cari ATM bank lain," ujar Beatrice.

Lain halnya dengan Heru. Pria itu langsung berbalik badan mencari kantor cabang BCA terdekat setelah mengetahui ATM bank itu tidak bisa digunakan.

(Baca juga: Satelit Telkom 1 Terganggu, Sekitar 12.000 ATM BCA Masih Beroperasi)

"Ini ATM keempat yang saya temui tidak berfungsi. Sulit banget, di manapun tidak ada. Susah," katanya.

Ribuat ATM tidak berfungsi

Beatrice dan Heru hanyalah dua nasabah yang tidak bisa bertransaksi melalui ATM. Sejak Jumat (25/08) pekan lalu, sepertiga dari 17.000 ATM BCA tidak berfungsi.

Pada saat yang sama, kelumpuhan dialami sebanyak 2.000 dari 17.000 ATM Bank Mandiri. Adapun ATM bank-bank lain, seperti BNI dan BRI, mengalami masalah serupa namun dalam jumlah yang lebih sedikit.

Dari sekitar 17.000 ATM BNI, sekitar 1.500 unit di antaranya terkena dampak gangguan satelit Telkom 1.AFP/Getty Images/BBC Indonesia Dari sekitar 17.000 ATM BNI, sekitar 1.500 unit di antaranya terkena dampak gangguan satelit Telkom 1.

Situasi ini disebabkan oleh gangguan satelit Telkom 1. Untuk mengatasinya, beberapa bank mengalihkan koneksi layanan ATM ke satelit lain, sebagaimana dilakukan Bank Central Asia.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setia Atmadja mengaku pihaknya mengalihkan koneksi 2.000 ATM yang terganggu ke satelit Apstar-5, sedangkan sisanya ke Telkom 3S. BCA menggunakan beberapa satelit, antara lain Telkom 1, Apstar 4, Apstar 5, Insat 3A, dan Telkom 3S.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X