JK: Bu Susi Sudah Membakar, Saatnya Kita Membangun

Kompas.com - 10/08/2017, 14:55 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pembukaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional pada kamis (10/8/2017) di Makassar, Sulawesi Selatan. KemenristekdiktiWakil Presiden Jusuf Kalla dalam pembukaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional pada kamis (10/8/2017) di Makassar, Sulawesi Selatan.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

MAKASSAR, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan perlunya pembangunan kemaritiman berbasis teknologi untuk mendukung peningkatan kesejahteraan Indonesia.

Dalam pembukaan perayaan Hari kebangkitan Teknologi Nasional ( Hakteknas) pada Kamis (10/8/2017), di Makassar, Kalla mengapresiasi langkah yang telah dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Pada saat yang sama, Kalla mengungkapkan bahwa langkah KKP perlu dibarengi dengan kemauan para ilmuwan dalam pembangunan maritim sehingga bisa membuahkan hasil.

"Bu Susi sudah membakar (merujuk pada upaya pembakaran kapal nelayan asing tanpa izin), saatnya kita sekarang membangun," kata kalla.

Baca Juga: Timbunan Plastik 1,4 Kali Indonesia Ditemukan di Lautan Pasifik

Kalla mengutarakan, setelah 72 tahun merdeka, Indonesia seharusnya sudah menjadi bangsa yang sejahtera. Tetapi, kenyataan berkata lain.

Ia menuturkan, Indonesia justru masih berkutat dengan pemenuhan kebutuhan mendasar, seperti pencukupan kebutuhan garam yang ramai dibicarakan belakangan.

Ribut-ribut soal garam, katanya, merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia belum layak disebut sebagai negara maju.

"Orang miskin kan konsumsi garamnya tinggi. kalau makan ikan, yang dimakan ikan asin," ujarnya dalam acara yang juga dihadiri BJ Habibie, Menko PMK Puan Maharani, dan Menristekdikti Moh Nasir.

Terkait dengan hal itu, Kalla menyentil kalangan akademisi dan peneliti untuk ikut menyelesaikan masalah kebutuhan dasar dengan teknologi.

"Apa gunanya kita punya banyak universitas dan lembaga penelitian," katanya. "Ayolah para insinyur bangkit demi menyelamatkan bangsa."

Baca Juga: Mimpi Buruk yang Jadi Kenyataan di Laut

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X