Sebuah Sinyal Beri Petunjuk soal Bulan Alien Pertama di Alam Semesta

Kompas.com - 31/07/2017, 21:28 WIB
Di mana ada planet alien, di situ diyakini ada bulan alien. Science Photo LibraryDi mana ada planet alien, di situ diyakini ada bulan alien.

KOMPAS.com - Peneliti yang terlibat dalam proyek pengamatan dengan Kepler Space Telescope milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mendeteksi sebuah sinyal misterius.

David Kipling, asisten profesor dari Columbia University yang terlibat riset, memprediksi bahwa sinyal itu adalah tanda keberadaan bulan alien pertama di alam semesta.

Bulan alien di sini bukan bulan yang dihuni alien melainkan benda langit yang mengelilingi sebuah planet di luar tata surya.

Sampai kini, bulan alien masih menjadi misteri. Lebih dari 3.000 planet alien ditemukan tetapi satelit yang berada di sekitarnya belum terungkap sama sekali.

Kipling mengatakan, sinyal yang tertangkap lewat data Kepler kemungkinan besar menunjukkan adanya bulan tetapi masih perlu dipastikan.

"Sejauh ini, kami yakin ini konsisten dengan bulan, tetapi siapa tahu merupakan obyek lain," katanya seperti dikutip BBC, Kamis (27/7/2017).