Kompas.com - 04/07/2017, 21:06 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com -- Pernahkah Anda memperhatikan apa bentuk telur unggas? Mungkin sekilas Anda akan menjawab bulat, tapi jika diperhatikan, telur justru memiliki bentuk oval.

Coba saja lihat telur puyuh, bebek, atau ayam.

Baca juga: Telur Hewan Paling Besar di Dunia, Beratnya Lebih dari 1 Kg

Bentuk telur bikin bingung Aristoteles

Bentuk telur unggas yang memanjang oval dan tumpul meruncing pada ujungnya ini bahkan sempat membingungkan Filsuf Yunani Aristoteles.

Sayangnya pertanyaan itu tak sempat ia jawab hingga akhir hidupnya.

Ia hanya pernah mengungkapkan asumsinya jika anak burung berkelamin betina, maka ujung telur akan lebih tajam. Tetapi, Aristoteles tak pernah menyelesaikan pertanyaan mengapa telur berbentuk seperti itu.

Penjelasan tradisional juga pernah menyatakan bahwa bentuk telur yang panjang dan oval berfungsi agar telur tidak terguling terlalu jauh dari sarangnya atau memudahkan mencengkeram saat keluar dari kloaka burung.

Namun, tidak demikian menurut penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti gabungan dari tujuh universitas internasional, termasuk Princeton University, Nanyang Technology University, dan University of Haifa.

Pertanyaan sederhana yang cukup menggelitik bagi Aristoteles dan juga para ilmuwan ini akhirnya terjawab.