Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Institusi Pendidikan di Negara Islam Perlu Berbenah

Kompas.com - 17/05/2017, 21:05 WIB

KOMPAS.com -- Institusi dan sistem pendidikan di banyak negara Islam perlu berbenah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan mereka. Kondisi pengajaran dan tradisi keilmuan mereka saat ini jauh dari cerminan sekolah dan sistem pendidikan di era peradaban Islam masa lampau.

Kritik ini disampaikan Professor Mohamad Abdalla, seorang ulama dan cendikiawan muslim Australia yang juga Direktur Pusat Pengajaran dan Pendidikan Islam (CITE) University of South Australia dalam forum diskusi bertajuk ‘Islam, Knowledge, bright scholar: empowerment through education' yang diselenggarakan Kedutaan Australia di Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Prof Abdalla mengatakan kemunduran dan ketertinggalan negara-negara Islam di bidang pendidikan antara lain disebabkan institusi pendidikan mereka kurang mengamalkan dua tradisi penting pengajaran dan pendidikan yang pernah melejitkan peradaban Islam masa lampau di bidang iptek. Dua tradisi tersebut yaitu institusi dan sistem pendidikan yang menghormati kebebasan akademik dan mengutamakan berpikir kritis.

“Sistem sekolah atau pengajaran pada masa peradaban Islam hingga tahun 1600-an secara subtansial lebih positif dibandingkan dengan sistem sekolah di negara-negara Islam modern sekarang ini," kata Prof Mohammad Abdalla.

"Fakta yang kita temui di mayoritas negara Islam saat ini yaitu bahwa berpikir kritis dan kebebasan akademik tidak lagi menjadi faktor atau elemen utama. Sebaliknya mereka lebih menekankan pada menghafal dan pengulangan," ungkapnya.

"Kebebasan akademik umumnya juga dikekang. Padahal kebebasan akademik dahulu amat dihormati dan meskipun ada perdebatan mengenai rasionalisme, tapi mereka tidak pernah mengabaikan rasionalisme yang merupakan rumah bagi logika dan intelektualitas," jelasnya.

Professor Mohammad Abdalla, Direktur Center for Islamic Thought and Education (CITE) University of South Australia (UniSA)

Menurutnya, kondisi ini menyebabkan perkembangan iptek di negara-negara Islam mengalami stagnasi dan bahkan tertinggal dari negara-negara barat. Lebih memprihatinkan lagi, katanya, kondisi ini menyebabkan kajian mengenai Islam menjadi bidang ilmu yang kurang menarik.

"Penelitian CITE di sekolah-sekolah Islam di Australia menunjukan salah satu bidang yang paling lemah adalah Kajian Islam. Murid-murid sekolah menengah juga mengaku kajian Islam membosankan, banyak pengulangan dan tidak relevan," jelasnya.

Untuk merespons kondisi ini juga, University of South Australia kemudian mendirikan Centre for Islamic Tought and Education (CITE) yang saat ini dipimpin oleh Profesor Mohammad Abdalla.

"Lembaga kami banyak melakukan riset mengenai kondisi pengajaran dan pendidikan di komunitas muslim di Australia dan berbagai tempat lainnya. Melalui riset kami berusaha mencari solusi berbasis empiris untuk membantu mengatasi tantangan yang dihadapi umat Islam dalam hal pengajaran dan pendirikan."

"Kami berusaha memanfaatkan ilmu pengetahuan Islam dengan pendekatan riset akademik. Karena kami menyakini semua ilmu pengetahuan yang kami hasilkan harus sejalan dengan pemahaman Islam tapi juga merangkul pengetahuan kontemporer."

Pendekatan ini menurut Prof Abdalla merupakan bagian dari upaya menyuburkan kembali tradisi berpikir kritis dan penghormatan atas kebebasan akademik dalam Islam yang juga perlu dipromosikan oleh institusi pendidikan di negara-negara muslim di dunia.

“Untuk bisa maju kita harus berpikir kritis. Kita harus percaya pada riset dan menemukan apa masalah yang sebenarnya terjadi. Setelah itu kita perlu mencari solusinya dan berinvestasi pada solusi tersebut," paparnya.

(Baca juga: Banyak Orang Indonesia Anggap Fisika Susah, Ini Sebabnya)

Interkoneksi Antarperadaban

Prof Abdalla juga memaparkan bagaimana peradaban Islam masa lalu membangun interkoneksi dengan merangkul peradaban di luar Islam. Sehingga iptek menjadi alat yang mempersatukan bukan mengkotak-kotakan masyarakat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com