Kompas.com - 10/01/2014, 19:25 WIB
Venus berbentuk sabit diabadikan di langit Yogyakarta oleh astronom amatir Mutoha Arkanuddin. Mutoha ArkanuddinVenus berbentuk sabit diabadikan di langit Yogyakarta oleh astronom amatir Mutoha Arkanuddin.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Bulan sabit adalah pemandangan biasa. Tetapi, bagaimana dengan Venus sabit di siang hari?

Pemandangan yang sangat sulit dilihat itu diabadikan oleh astronom amatir dari Jogja Astro Club, Mutoha Arkanuddin.

Mutoha mengabadikannya pada Kamis (9/1/2014) pada pukul 15.30 WIB dengan bantuan teleskop Meade LX50 dan kamera saku Kodak EC 1530.

Dalam foto-foto Mutoha yang diunggah ke akun Facebook miliknya, Venus tampak begitu tipis, lebih tipis dari bulan sabit. Di foto lain, Venus yang tipis itu berdampingan dengan awan.

Lebih menarik, pemotretan dilakukan saat Venus dan Matahari berjarak sangat dekat, hanya 5,8 derajat. Sementara kondisi langit juga tengah berawan.

Bagaimana Venus yang begitu tipis bisa diabadikan dan menjadi citra yang cantik?

Mutoha dalam percakapan dengan Kompas.com, Kamis malam, mengungkapkan, "Teknik yang saya gunakan terbilang 'nekat'."

"Ini karena memotret obyek yang berada di dekat Matahari memakai teleskop cukup berisiko, apalagi pointing-nya manual, sangat tidak disarankan," imbuhnya.

Mutoha menjelaskan, Venus memang mungkin diamati pada siang atau sore hari karena magnitudo-nya cukup baik, cukup cerlang.

Perlengkapannya sederhana. Yang dibutuhkan, kata Mutoha, adalah teleskop (terutama go to), perangkat lunak astronomi seperti Stellarium, dan kamera.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X