Kompas.com - 27/11/2013, 11:26 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Komet ISON berpeluang tampak terang dari wilayah Indonesia pada fajar hari Jumat (29/11/2013). Syaratnya, komet bertahan dari Matahari dan langit fajar cerah.

"Kalau ISON bertahan, maka akan tampak sebagai bintang berekor di ufuk timur menjelang Matahari terbit. Kepala komet akan tampak seperti bintang terang yang diikuti oleh ekor yang menjauhi Matahari," ungkap Thomas Djamaluddin, peneliti astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Pengamat komet ISON dari Observatorium Bosscha, Muhammad Yusuf, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/11/2013), mengatakan, "ISON mungkin akan tampak dengan magnitudo -6."

Dengan magnitudo tersebut, ISON kemungkinan akan tampak lebih terang dari Planet Venus. Sebelumnya, menurut astronom amatir Ma'rufin Sudibyo, Planet Venus biasa tampak dengan magnitudo -4.

Thomas mengatakan, "Kalau terang, ISON akan tampak dengan mata telanjang bila cuaca cerah."

Namun, menurut Yusuf, pengamatan dengan mata telanjang akan sulit dilakukan. "Lebih baik menggunakan alat bantu jika akan mengamati."

Yusuf mengatakan, bila ISON bertahan sekalipun, waktu pengamatannya akan sangat singkat, hanya pada saat fajar. Setelahnya, komet tidak bisa teramati karena kilau cahaya Matahari.

Namun, Ma'rufin menuturkan, "Kalau ISON bertahan, maka sepanjang hari Jumat itu (dari saat Matahari terbit hingga terbenam) komet ini bakal terlihat tanpa dibantu alat apa pun, dengan dua catatan, cuaca cerah dan arah pandang ke cakram Matahari diblokir total."

Pengamatan langsung ke arah Matahari harus dilakukan dengan hati-hati. Bila tidak, bisa mengakibatkan kerusakan mata.

Penampakan ISON pada fajar hari Jumat ini masih merupakan potensi, sangat tergantung pada nasib komet ISON dan cuaca. Bila ISON berakhir tragis, meledak ketika sampai di jarak hanya 1,2 km dari Matahari, maka pertunjukan pada fajar hari Jumat gagal. Demikian pula bila cuaca ternyata berawan atau bahkan hujan.

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.