Siput Spesies Baru Ini "Bercangkang Kaca"

Kompas.com - 13/09/2013, 20:55 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Spesies baru siput ditemukan. Istimewanya, spesies itu hidup di salah satu gua terdalam di dunia, Lukina Jama-Trojama di Kroasia, serta memiliki cangkang yang transparan bak kaca.

Nama spesies siput yang ditemukan adalah Zospeum thollusum. Fauna ini buta dan hidup secara permanen di dalam gua.

Ilmuwan dari Goethe University, Frankfurt, dan Biospeleological Society di Kroasia menemukan satu spesimen fauna ini, mengidentifikasi, dan memublikasikan temuannya di jurnal Subterranian Biology.

Hewan itu ditemukan pada kedalaman 980 meter dalam sebuah ruang gua tak bernama yang penuh batu dan pasir, serta memiliki aliran air kecil.

Spesies dalam genus Zospeum punya keterbatasan dalam gerak. Tapi, pilihan hidup di habitat berlumpur dan fakta bahwa mereka biasa hidup di dekat drainase gua, menunjukkan bahwa mereka tidak immobile.

Menurut ilmuwan, spesies dalam genus tersebut biasanya menyebar dengan bantuan aliran air atau dengan menumpang pada mamalia.

Lukina Jama-Trojama adalah gua terdalam di Kroasia, termasuk gua vertikal dan memiliki kedalaman 1.392 meter.

Ekologi gua itu unik karena terdiri atas tiga iklim mikro, bagian dengan es di permukaan bersuhu 1 derajat celsius, bagian tengah dengan suhu 2 derajat celsius, dan dasar dengan suhu 4 derajat celsius.

Kondisi gua yang ekstrem menjadi daya tarik bagi ilmuwan. Banyak spesies yang belum terungkap mungkin hidup di gua itu.