Terpotret Kamera, Katak Ikut "Meluncur" Bersama Wahana LADEE

Kompas.com - 13/09/2013, 10:23 WIB
Seekor katak terpotret ikut meluncur bersama wahana antariksa LADEE pada peluncuran dari Virginia, Jumat (6/9/2013). NASASeekor katak terpotret ikut meluncur bersama wahana antariksa LADEE pada peluncuran dari Virginia, Jumat (6/9/2013).
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis beberapa foto momen peluncuran wahana Lunar Atmosphere and Dust Environment Explorer (LADEE) dari Wallops Flight Facility, Virginia, pada Jumat (6/9/2013).

Ada satu foto NASA yang paling menarik perhatian. Bukan momen peluncuran atau wahana LADEE-nya yang menarik untuk dilihat dalam foto itu, melainkan karena adanya katak yang tertangkap ikut terangkat bersama wahana antariksa.

NASA menyatakan bahwa katak dalam foto itu nyata, bukan rekayasa. "Tim foto mengonfirmasi bahwa katak itu nyata dan terpotret dalam foto yang sama oleh salah satu kamera yang digunakan untuk mengabadikan proses peluncuran," demikian dinyatakan NASA.

Allard Beutel, juru bicara NASA, seperti dikutip International Business Times, Jumat (13/9/2013), mengatakan, "Ada 8-9 foto dalam urutan itu. Namun, foto ini adalah satu-satunya yang menunjukkan adanya katak."

Universe Today, Kamis (12/9/2013), mewartakan bahwa di landasan peluncuran Wallops Flight Facility, Virginia, terdapat kolam dengan air yang digunakan untuk melindungi landasan dari kerusakan dan kebisingan saat peluncuran.

"Kolam yang ada mungkin menjadi tempat menarik bagi katak untuk hidup. Katak dalam foto mungkin berada di kolam itu saat peluncuran. Saat wahana LADEE terangkat karena gaya dorong roket, si katak juga ikut terangkat.

Terpotretnya satwa liar saat peluncuran wahana atau pesawat luar angkasa bukan cuma terjadi kali ini. Saat peluncuran misi STS-114 (pesawat ulang alik Columbia) tahun 2005, tertangkap ada burung yang terbang ke arah tangki pesawat ulang alik yang diluncurkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peristiwa lain adalah saat peluncuran misi STS-119 (pesawat ulang alik Discovery) pada tahun 2009. Ada kelelawar yang menempel di tangki pesawat ulang alik itu. Selain itu, kawanan sapi melintas terekam dalam percobaan peluncuran SpaceX Grasshopper.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.