Minggu Ini, Langit Fajar Ramai Planet dan Bintang

Kompas.com - 15/07/2013, 09:50 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Seminggu lalu, ada International Space Station (ISS) yang melewati langit Indonesia meramaikan acara selepas santap sahur. Minggu ini, ada apa?

Simulasi perangkat lunak astronomi Stellarium menunjukkan, ada tiga planet dan dua bintang terang yang akan mewarnai langit selepas santap sahur alias menjelang fajar. Tiga planet itu adalah Mars, Jupiter, dan Merkurius. Dua bintang yang akan tampak adalah Betelgeuse dan Sirius.

Mars dan Jupiter sebenarnya sudah tampak sejak Senin (15/7/2013) menjelang fajar, mulai sekitar pukul 04.30 WIB. Dua planet ini tampak sangat berdekatan, bisa diamati bersamaan.

Bila kedekatan dua planet hari ini terlewatkan, tak perlu khawatir. Duo planet ini masih akan tampak sepanjang minggu ini setiap menjelang fajar. Setiap kali setelah santap sahur atau menunaikan ibadah shalat Subuh, dua planet ini bisa dilihat.

Jupiter akan tampak lebih cerlang dengan magnitud -1,47, sementara Mars 1,79. Magnitud menyatakan, kecerlangan benda langit, semakin kecil nilainya berarti benda langit itu akan tampak makin cerlang.

Sementara itu, mulai Jumat (19/7/2013) nanti, duo planet tersebut akan ditemani oleh Merkurius. Planet terdekat dengan Matahari ini akan tampak dengan magnitud 1,77 mulai sekitar pukul 05.00 WIB. Karena bertepatan dengan fajar, mungkin kenampakan planet ini akan sulit diidentifikasi.

Bersamaan dengan tampaknya ketiga planet tersebut, akan tampak pula dua bintang terang, yaitu Sirius si bintang paling terang dilihat dari Bumi dan Betelgeuse. Sirius akan tampil dengan magnitud -1,45 atau mudah diamati.

Tiga planet dan dua bintang yang akan tampil minggu ini bisa diamati di langit timur menjelang fajar. Untuk bisa mengamatinya secara maksimal, dibutuhkan binokuler atau teleskop, walaupun pengamatan dengan mata telanjang juga dimungkinkan bila jeli. Perlu mencari tempat lapang dan jangan lupa baju hangat.

Semua benda langit itu akan tampak dengan satu syarat, tak ada mendung dan hujan yang menghalangi. Bila mendung dan hujan terjadi seperti beberapa waktu belakangan, maka harus menyampaikan wasalam pada semua benda langit itu.

Selain pemandangan menjelang fajar, malam hari pada minggu ini juga menarik. Bulan si satelit Bumi juga akan tampak berdekatan dengan Saturnus. Selasa (16/7/2013), Bulan akan berada di bawah Saturnus, sedangkan pada Rabu (17/7/2013) akan tampak di sebelah kiri planet bercincin itu.

Untuk para penggemar astrofotografi, kenampakan banyak benda langit ini adalah saat menarik untuk memotret. Bila mendapatkan foto bagus, jangan sungkan untuk berbagi dengan Kompas.com lewat e-mail redaksikcm@kompas.com.