Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukses Mendarat di Komet, Philae Terancam Mati Kehabisan Daya

Kompas.com - 14/11/2014, 20:17 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com - Robot pendarat Philae sukses mengukir sejarah dengan mendarat di komet 67P/CG pada Rabu (12/11/2014). Namun kini, robot yang berencana menyelidiki komposisi komet itu terancam tewas karena kehabisan daya.

Philae adalah bagian dari misi wahana antariksa Rosetta yang dikelola oleh Badan Antariksa Eropa (ESA). Rosetta dan Philae diluncurkan tahun 2004 dan sampai di orbit komet 67P/CG pada Agustsu 2014 lalu.

ESA menyatakan, Philae mulai memisahkan diri dari induknya, wahana antariksa Rosetta, pada pukul 16.03 WIB. Robot seukuran mesin cuci itu kemudian mengarungi perjalanan sekitar 7 jam menuju permukaan 67P/CG.

Hasil analisis ESA mengungkap, pukul 23.33 WIB, Philae telah sampai di permukaan komet. Namun, data kemudian mencatat adanya dua kali pendaratan lagi, pada Kamis (13/11/2014) pukul 00.26 dan 00.33 WIB.

Berdasarkan analisis kemudian, diketahui bahwa instrumen yang berfungsi melekatkan wahana pada permukaan komet tidak bekerja baik. Dampaknya, setelah pendaratan pertama, Philae sempat terpental.

Masalah muncul karena Philae kini berada 1 kilometer dari lokasi target pendaratan, situs J atau Agilkia. Di sana, robot yang mengandalkan panel surya untuk pemenuhan dayannya ini tertutupi oleh tebing kecil sehingga tak bisa memanen cahaya matahari.

ESA Lokasi Philae mendarat terakhit kali pada Rabu (12/11/2014) dibandingkan dengan lokasi pendaratan seharusnya. Philae sempat mendarat di situs Agilkia namun kemudian terpental.

Sempat mengirim foto pertama komet langsung dari permukaannya, baterai Philae kini terancam habis. Pengisian baterai selama 1,5 jam sebelum mendarat hanya cukup untuk "hidup" selama 60 jam.

BBC pada Kamis memberitakan, baterai Philae hanya bisa untuk hidup hingga Sabtu sore. Bila tak mendapatkan sinar Matahari, robot bagian dari misi berbiaya 1,6 miliar dolar AS ini bakal tewas.

Pihak ESA kini sedang memutar otak untuk menyelesaikan masalah ini. Bagaimanapun, ESA ingin agar misi Philae yang dijadwalkan berlangsung hingga maret 2015 ini tetap berjalan lancar.

Satu alternatif, Philae diberi komando untuk melompat ke tempat yang kaya sinar Matahari. Rencana lain, Philae langsung mengebor komet untuk mendapatkan sampel walau konsekuensinya baterai langsung habis dan robot tak aktif. ESA masih menimbang pilihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com