Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Foto Komet Pertama yang Diambil Langsung dari Permukaannya

Kompas.com - 14/11/2014, 19:24 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com - Usai mendarat di permukaan komet 67P/CG, robot Philae tak membuang waktu. Dia langsung memotret permukaan komet tersebut dan mengirimkannya ke pusat kontrol misi di Damrstadt, Jerman.

Kamis (13/11/2014), Badan Antariksa Eropa (ESA) merilis foto tersebut. Di akun Twitter misi ESA, rilis foto disertai ucapan "Selamat datang di komet!"

Foto tersebut legendaris karena menjadi foto wajah komet dari jarak dekat pertama yang diabadikan langsung dari permukaannya. Foto menunjukkan permukaan komet yang berbatu serta salah satu ujung dari tiga kaki yang dimiliki Philae.

Philae adalah robot pendarat yang menjadi bagian dari misi wahana antariksa Rosetta yang dikelola ESA dan berbiaya 1,6 miliar dollar.

Rosetta dan Philae diluncurkan tahun 2004 dan sampai di orbit komet 67P/CG pada Agustsu 2014 lalu. Rabu (12/11/2014) sekitar pukul 16.03 WIB, Philae berpisah dari Rosette untuk mendarat di permukaan 67/CG. Misi pendaratan pertama di komet ini berhasil dilakukan pada pukul 23.02 WIB.

Mendarat di permukaan komet, Philae bertugas menyelidiki komposisi komet. Hasil penyelidikan bisa dipakai sebagai dasar penelitian asal-usul kehidupan di Bumi.

Meski berhasil mendarat dan "sehat", kini Philae terancam. Robot sebesar ini tak menancap sempurna di komet dengan gravitasi rendah ini. Tak menancapnya Philae bisa berakibat fatal sebab robot ini bisa terpental.

Ancaman lain, posisi Philae ada di balik "bukit" sehingga tak mendapatkan sinar Matahari cukup. Kini baterainya sudah terancam habis.

ESA kini masih terus mencari solusi dari tantangan yang dihadapi Philae. Sementara itu, 67P/CG yang berbentuk seperti bebek terus melesai di antariksa dengan kecepatan 18 km/detik dan bergerak mendekati Matahari.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com