Di Luar Angkasa, Rosetta Ambil "Selfie" Mengagumkan dengan "Komet Bebek"

Kompas.com - 15/10/2014, 20:56 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Wahana antariksa Rosetta milik European Space Agency (ESA) mengambil foto selfie bersama 67P/Churyumov-Gerasimenko, komet yang akan didaratinya dalam waktu sebulan mendatang.

Selfie diambil pada jarak 16 kilometer dari permukaan komet 67P/CG. Untuk bisa mengambil foto itu, Rosetta memanfaatkan "sahabat misi" yang nantinya akan membantunya mendarat, yaitu Philae.

Foto diambil dengan instrumen Comet Infrared and Visible Analyser (CIVA) pada Philae, 7 Oktober 2014 lalu. Citra yang dirilis oleh ESA merupakan hasil olahan dari foto yang diambil dengan exposure panjang dan pendek.

Foto ini bakal menjadi gambar terakhir yang diambil Philae. Pada 12 November 2014, Philae akan berpisah dengan Rosetta. Wahana Rosetta akan memulai pendaratan.

Dijadwalkan, Rosetta akan sampai di permukaan komet pada 12 November 2014. ESA telah memilih tempat pendaratan Rosetta di permukaan komet yang berbentuk seperti bebek itu, bernama situs J.

Rosetta diluncurkan pada 2 Maret 2004 dengan roket Ariane 5. Nama Rosetta diambil dari Batu Rosetta, sebuah prasasti di Memphis tertanggal 196 SM terkait Raja Ptolemy V.

Di komet 67P/CG, Rosetta akan menjalankan misi selama setahun, menganalisis permukaan dan interior komet, serta melihat komposisi kimia gas yang dikeluarkannya.