Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bola Api Misterius Melintas di Langit Iowa

Kompas.com - 29/12/2013, 14:20 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com - Sebuah bola api raksasa melintas di langit Iowa, Amerika Serikat, pada Kamis (26/12/2013) sekitar pukul 17.30 waktu setempat. Video yang menunjukkan bola api itu beredar YouTube.

Salah satu video yang menangkap bola api itu adalah hasil tangkapan kamera jalan di North Liberty, barat daya kota Iowa. Keterangan video yang diunggah ke Youtube itu menunjukkan bahwa bola api direkam di wilayah North Liberty Street Department.

Penampakan bola api itu memicu tanya publik Iowa serta wilayah lain seperti India, Missouri, dan Tennessee. Hingga saat ini, seperti dilaporkan Design Trend, Sabtu (28/12/2013), identitas bola api itu belum bisa dipastikan.

Ada beberapa kemungkinan. Bola api itu bisa jadi sebuah meteor, satelit, atau sampah antariksa yang masuk ke atmosfer lalu terbakar. Namun, dengan ciri penampakan bola api yang tiba-tiba terang tapi lalu menghilang, diyakini bahwa obyek itu adalah meteor.

American Meteor Society (AMS), organisasi non profit yang mengumpulkan data tentang meteor, mengungkapkan bahwa sebanyak 460 orang melaporkan kejadian itu di dekat perbatasan Iowa dan Minnesota.

"Saksi mata mendeskripsikan bola api itu secerlang Matahari dan terfragmentasi menjadi beberapa bagian. Beberapa saksi mata melaporkan adanya efek bunyi semacam ledakan yang berasosiasi dengan meteor, termasuk 3 laporan adanya ledakan setelah kenampakan" demikian pernyataan AMS seperti dikutip news.com.au, Minggu (29/12/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com