Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Bangkit Lewat Pelestarian Mangrove

Kompas.com - 27/11/2012, 08:34 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Upaya konservasi acapkali dipandang sebagai penghambat pengembangan ekonomi daerah. Namun, pengalaman Dusun Pandansari, Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah menunjukkan sebaliknya. Konservasi justru mendukung perekonomian.

Mashadi, penggerak konservasi mangrove di Pandansari dan Rusjan, kepala desa setempat menuturkan bagaimana tindakan perusakan mengancam ekonomi dan kehidupan masyarakat serta bagaimana upaya pemulihan mangrove melancarkan rezeki.

Mashadi menuturkan, tahun 1995, Pandansari adalah dusun yang makmur. Perekonomian desa didukung oleh budidaya udang windu. Rezeki melimpah. Masyarakat bisa membeli motor, perabot rumah bagus bahkan menyekolahkan anak hingga jenjang S2.

Merasa bahwa budidaya udang berpeluang untuk mendulang uang, masyarakat desa kalap. Mereka membabat mangrove untuk dibuka menjadi tambak. Praktik pencurian kayu mangrove juga marak. Sabuk hijau yang menjadi pelindung daratan dari hempasan ombak pun hilang.

Alhasil, bencana pun datang. Abrasi pantai mengikis daratan. "Desa yang tadinya berjarak 3,5 kilometer dari pantai saat ini hanya berjarak 500 meter," papar Rusjan saat ditemui Kompas.com di dusun Pandansari, Sabtu (25/11/2012).

Mashadi mengatakan, abrasi begitu parah sehingga menenggelamkan tambak-tambak udang. Kejayaan budidaya udang windu meredup mulai tahun 2005.  Perlahan, terkikisnya daratan berlanjut pada terkikisnya kemakmuran.

"Abrasi menghilangkan 290 hektar tambak. Tidak ada lagi cerita panen udang. Kita menjadi miskin, Tiga tahun lalu, bahkan ada anak yang tidak bisa melanjutkan sekolah karena tidak punya biaya," katanya.

Budidaya tambak yang terpuruk membuat masyarakat kaget. Ditambah dengan tanggungan pajak dusun yang setara pajak kota, kehidupan masyarakat makin terhimpit. Di titik terbawah itu, masyarakat mulai berpikir sebab dari kehancuran lingkungan dan ekonominya.

Adalah Mashadi yang pertama menyadari bahwa salah satu sebab kehancuran adalah ekosistem mangrove yang rusak. Bersama Yayasan Kanekaragaman Hayati (KEHATI), sejak 2008, ia mengajak masyarakat untuk merehabilitasi mangrove.

"Kita lakukan dengan berbagai cara. Masyarakat suka hiburan. Kita sadarkan dengan kesenian sintren. Kita juga keliling ngamen dengan calung, berhenti di tempat-tempat ramai dan mulai mengajak masyarakat menanam mangrove," urainya.

Rusjan mengatakan, "Memang awalnya tidak mudah menyadarkan masyarakat. Kita berpikir, manungsa berdaya apa, kalau laut punya kehendak tidak bisa dilawan. Tapi akhirnya kita bisa ajak. Saat ini sudah 1500 pohon mangrove ditanam di lahan seluas 30 hektar."

Ekonomi masyarakat memang tak langsung bangkit seperti sebelumnya. Namun, mereka mulai menemukan peluang untuk memperbaiki hidup. beberapa kelompok terbentuk. Selain kelompok Mangrovesari untuk pelestarian mangrove, ada kelompok budidaya rumput laut, kepiting dan kerang.

Warga mengakui, penanaman mangrove bisa melancarkan rezeki. Sajan, anggota kelompok budidaya kepiting mengatakan, "Kalau ada air pasang, banyak kepiting budidaya di keramba biasanya mati. Setelah ada mangrove, kematian karena air pasang berkurang."

Keuntungan juga didapat oleh masyarakat yang melakukan kegiatan ngakar, mencari kepiting di lubang-lubang tanah. Dengan adanya mangrove, kepiting bisa didapatkan lebih banyak dan lebih mudah.

"Sekarang orang-orang yang ngakar dapat lebih banyak. Dulu, semalam dapatnya paling hanya Rp 20.000 - 30.000 dari ngakar. Sekarang mereka bisa dapat Rp 100.000 - 150.000 per malam," kata Sajan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com