Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seri Baru Jadi Ortu: Awal MPASI, Bayi Jangan Diberi Buah atau Sayur

Kompas.com - 13/01/2020, 13:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Saat ini, banyak orangtua yang memberikan puree buah atau sayur untuk Makanan Pendamping ASI (MPASI) pertama bayi.

Informasi yang beredar, MPASI pertama harus dimulai dari puree satu jenis buah atau satu jenis sayur (termasuk kentang sebagai karbohidrat). Ada yang mengemukakan bahwa puree sayur lebih baik, karena jika dimulai dari puree buah, bayi akan terbiasa dengan rasa manis.

Namun rupanya, awal MPASI yang baik tidak dimulai dengan keduanya.

Baca juga: Perlukah MPASI Terbuat dari Bahan Organik?

dr Cut Nurul Hafifah, Sp.A selaku Dokter Spesialis Anak dari RS Pondok Indah menyebutkan bahwa MPASI pertama harus terdiri dari beberapa komponen.

“Tidak keduanya (buah maupun sayur). Sebagai pendamping ASI, MPASI pertama harus terdiri dari komponen karbohidrat, lemak, dan protein, serta mikronutrien seperti zat besi dan seng,” tutur dr Cut kepada Kompas.com, Senin (13/1/2020).

dr Cut Nurul Hafifah, Sp.A, Dokter Spesialis Anak dari RS Pondok IndahRSPI dr Cut Nurul Hafifah, Sp.A, Dokter Spesialis Anak dari RS Pondok Indah

Puree seperti apa yang bisa Anda buat untuk bayi pertama MPASI? dr Cut menyontohkan, Anda bisa membuat bubur nasi dengan opor ayam yang dihaluskan.

“Atau mashed potato dengan butter dan daging giling yang dihaluskan,” tambahnya.

Baca juga: MPASI, Kapan dan Apa Pilihan Makanannya?

Buah dan sayur, lanjut dr Cut, hanya menjadi makanan selingan. Apabila khawatir si kecil memiliki reaksi alergi, menu tunggal boleh dicoba.

“Namun, tidak boleh terlalu lama karena khawatir bayi akan kekurangan asupan nutrisi yang penting untuk tumbuh kembangnya,” lanjut ia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com