Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Toilet Sedunia, Waspadai 6 Area dengan Kuman Terbanyak di Kamar Mandi

Kompas.com - 19/11/2019, 13:50 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Hari Toilet Sedunia (World Toilet Day) jatuh tepat pada hari ini, 19 November. Hari Toilet Sedunia hadir untuk menyoroti kondisi sanitasi tingkat global.

Stevia Angesty selaku Sociopreneur bidang sanitasi dan pendiri Feelwell Ceramics mengatakan bahwa menurut data BPS, sebanyak 30 persen penduduk Indonesia belum memiliki toilet.

Sanitasi yang buruk berkaitan erat dengan tingkat kesehatan sampai stunting. Namun tak hanya di lokasi terpencil, sanitasi buruk juga kerap terjadi di kota-kota besar.

Baca juga: Kebersihan Sanitasi Berkaitan dengan Tingkat Stunting, Ini Sebabnya

Dokter Mikrobiologi Klinis, Dr dr Wani Gunardi Sp.MK(K) dalam acara yang diadakan oleh Vixal (Unilever) di Jakarta mengatakan bahwa kamar mandi atau toilet mengandung banyak virus, bakteri, dan jamur. Kuman memang sangat berkembang di area lembap.

“Beberapa kuman yang kerap ditemukan di kamar mandi antara lain E.coli, Listeria, Shigella, Cholera, Typhoid, dan Rotavirus. Ada pula bakteri Salmonella yang menyebabkan tipes dan diare. Sementara Shigella menyebabkan disentri,” ungkapnya, Senin (18/11/2019).

dr Wani mengungkapkan, hampir semua area di kamar mandi memiliki kuman. Namun ada enam area dengan jumlah kuman terbanyak di antara semuanya.

Shower Curtain – memiliki kuman setara 16.240.000 CFU (Colony Forming Unit)
Shower Floor – memiliki kuman setara 15.883.333 CFU
Toothbrush handle – memiliki kuman setara 12.619.333 CFU
Toilet seat – memiliki kuman setara 235.143 CFU
Faucet handle – memiliki kuman setara 56.133 CFU
Interior door handle – memiliki kuman setara 13.385 CFU

Ilustrasi sikat gigiseb_ra Ilustrasi sikat gigi

“Jika kita melihat area kotor atau banyak kuman, mungkin kita fokus pada area kotor seperti lantai atau dinding. Padahal area kecil seperti gagang sikat gigi dan kran juga kumannya sangat banyak,” tutur dr Wani.

Untuk membersihkan keenam area tersebut, kecuali gagang sikat gigi, dr Wani merekomendasikan untuk menggunakan disinfektan.

“Bersih mungkin iya, tapi sehat belum tentu. Kuman hanya bisa dibunuh dengan disinfektan,” tuturnya.

Lalu bagaimana dengan toothbrush handle (gagang sikat gigi)? dr Wani merekomendasikan untuk mencuci bersih sikat gigi menggunakan air mengalir setelah menyikat gigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com