Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kesehatan Nasional, Ada 2 Isu Kesehatan Utama bagi Kemenkes

Kompas.com - 12/11/2019, 13:46 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55 yang jatuh pada hari ini (12/11/2019) dengan tema Generasi Sehat Indonesia Unggul.

Dilansir dari siaran pers Kementerian Kesehatan, Menkes Terawan Agus Putranto mengatakan, sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Presiden dalam pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2020-2024 bahwa perhatian pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia.

Terkait pembangunan sumber daya manusia, ada dua isu kesehatan utama yang menjadi perhatian Kemenkes, yaitu Stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional.

Selain itu, tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri juga masih menjadi masalah yang perlu diatasi.

Baca juga: Kemenkes Luncurkan 6 Inovasi Pembangunan Kesehatan, Apa Saja?

Menkes Terawan mengakui bahwa kabinet yang lalu telah berhasil meraih berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM yang ditandai dengan adanya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Indonesia setiap tahun.

Dalam kurun waktu lima tahun, angka stunting telah berhasil diturunkan hampir 10 persen; di samping menurunnya angka kematian ibu dan anak, meningkatnya cakupan imunisasi dan berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB.

Pembangunan kesehatan dalam kabinet sebelumnya juga memperjuangkan tiga pilar, yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya Jaminan Kesehatan Nasional, melalui kegiatan promotif dan preventif seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Baca juga: Bali Bisa Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Indonesia, Ini Alasannya...

Hal-hal ini, ujar Menkes Terawan, akan dilanjutkan dan ditingkatkan.

“Apa yang sudah dirintis sebelumnya kita lanjutkan dan tingkatkan. Saya optimis kita dapat mewujudkan SDM unggul Indonesia maju seperti yang diharapkan oleh Presiden dan oleh kita semua,” ujar Menkes.

Mengambil momentum Hari Kesehatan Nasional, Menkes Terawan meminta adanya kekerjasama dalam upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku sesuai amanat Presiden.

“Kita berharap Generasi Sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM Unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045 yang bertepatan saat bonus demografi untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera,” tutur Menkes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com