Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cetak Sejarah, NASA Laksanakan Spacewalk dengan Seluruh Kru Perempuan

Kompas.com - 19/10/2019, 17:28 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Dua orang astronot NASA telah berhasil melaksanakan spacewalk atau kegiatan berjalan di luar angkasa dengan seluruh kru perempuan. Keberhasilan ini merupakan yang pertama dalam sejarah.

Dilansir dari The Guardian, 19 Oktober 2019, Christina Koch dan Jessica Meir melaksanakan spacewalk pada hari Jumat kemarin (18/10/2019) di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan misi mengganti komponen pengisi daya yang rusak atau battery charge-discharge unit (BCDU).

Koch menjadi yang pertama keluar dari ISS diikuti oleh Meir yang membawa tas peralatan. Mereka dikoordinasikan oleh Stephanie Wilson yang juga seorang astronot.

Spacewalk atau kegiatan berjalan di luar angkasa yang dalam bahasa astronot disebut extra-vehicular activity (EVA) itu berlangsung selama 7 jam 17 menit di ketinggian 418 kilometer di atas Bumi.

Baca juga: Kali Pertama, NASA Siapkan Spacewalk dengan Seluruh Kru Perempuan

Selama proses yang panjang dan rumit tersebut, baik Koch maupun Meir selalu terhubung pada pegangan yang berada di luar ISS. Tujuannya agar mereka tidak terlepas ke angkasa bebas.

Untuk diketahui, Koch dan Meir bukanlah wanita pertama yang melaksanakan spacewalk. Sepanjang sejarah, sudah ada 14 wanita dan 213 pria yang melaksanakan spacewalk. Namun, mereka menjadi kru spacewalk pertama yang seluruh anggotanya perempuan.

Misi ini awalnya juga direncanakan untuk dilaksanakan pada bulan Maret 2019, sebelum Hari Perempuan Internasional. Namun, kekurangan pakaian luar yang berukuran medium membuat misi ini harus diundur hingga tujuh bulan.

Dalam konferensi pers sebelumnya, Koch mnegatakan, saya rasa ini sangat penting karena apa yang kita lakukan bersejarah.

"Pada masa lampau, wanita tidak selalu bisa terlibat. Sangat luar biasa dapat berkontribusi pada program luar angkasa di masa ketika semua jenis kontribusi diterima, ketika semua orang punya peran. Hal ini bisa menaikkan kemungkinan untuk berhasil," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com