Kompas.com - 06/03/2019, 18:33 WIB
Ilustrasi astronot melakukan spacewalk Ilustrasi astronot melakukan spacewalk

KOMPAS.com - Badan Antariksa AS (NASA) kembali mengumumkan akan segera menyiapkan spacewalk para astronotnya. Istimewanya, spacewalk kali ini akan dilakukan seluruhnya oleh para astronot perempuan tepat di bulan perayaan Hari Perempuan Internasional.

Sebagai informasi, spacewalk adalah kagiatan berjalan di luar angkasa tanpa pesawat.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama astronot perempuan melakukan spacewalk. Pada 1984, kosmonot Soviet bernama Svetlana Savitskaya menjadi perempuan pertama yang berjalan di luar angkasa.

Setelah bertahun-tahun, kegiatan ini selalu dilakukan astronot pria. Tapi 29 Maret mendatang, astronot NASA Anne McClain dan Christina Koch yang akan melakukannya.

Baca juga: Kisah Tegang Di Balik Sejarah Kosmonot Pertama yang Lakukan Spacewalk

Kedua astronot perempuan itu akan melakukan spacewalk sebagai awak dari Ekspedisi 59 di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Mereka tidak akan sendiri. Di belakang konsol pusat kendali NASA, mereka akan ditemani oleh pengontrol Badan Antariksa Kanada bernama Kristen Facciol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kabar bahwa semua kru yang terlibat dalam spacewalk 29 Maret 2019 nanti adalah perempuan datang dari kicauan Facciol melalui akun twitternya.

"Saya baru saja tahu bahwa saya akan berada di konsool memberikan dukungan untuk SPACEWALK YANG SELURUH KRUNYA PEREMPUAN PERTAMA di dunia dengan @AstroAnnimal dan @Astro_Christina dan saya tidak bisa menahan kegembiraan saya!!!" tulis Facciol dalam cuitannya.

Melansir dari The Independent, Rabu (06/03/2019), juru bicara NASA membenarkan kabar ini. Dia juga mengatakan bahwa misi ini akan menjadi salah satu dari tiga operasi yang dijadwalkan akan dilakukan setelah ISS memiliki 6 astronot.

Saat ini, di ISS telah ada tiga astronot yang bertugas. Selanjutnya, 14 Maret 2019 kapsul luar angkasa Soyuz akan membawa kosmonot Alexey Ovchinin, astronot NASA NIck Hague, dan Christina Koch ke ISS.

Juru bicara tersebut juga menyebut bahwa memang keren memikirkan bahwa seluruh kru misi spacewalk mendatang adalah perempuan. Meski demikian, sebenarnya hal ini tidak dibuat secara sengaja.

Nantinya, misi ini akan berfokus untuk melakukan penggantian baterai ISS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.