Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaratan di Bulan sampai Video Call, 7 Prediksi Sci-fi yang Jadi Nyata

Kompas.com - 01/10/2019, 18:05 WIB
Farren Anatje Sahertian,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Science Fiction atau fiksi ilmiah memperkenalkan kita pada dunia yang rumit dan futuristik, yang sering terdengar seperti mimpi.

Tetapi manusia telah membuat kemajuan teknologi yang luar biasa selama 100 tahun terakhir, dan banyak gagasan yang diprediksi dalam fiksi ilmiah telah menjadi kenyataan.

Beberapa prediksi seperti mobil self-driving masih dalam tahap awal. Tetapi para ilmuwan dan insinyur telah mencapai banyak kejadian penting yang pertama kali dijelaskan dalam fiksi ilmiah, seperti membawa manusia ke bulan.

Berikut 7 prediksi dalam fiksi ilmiah yang menjadi kenyataan.

1. Pendaratan di bulan

Pada tahun 1865, penulis Jules Verne merilis "From Earth to the Moon" menggambarkan misi tiga orang Amerika untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa dan mendarat di bulan. Bagian dari novel itu mirip dengan pendaratan di bulan pertama yang terjadi 104 tahun kemudian.

Astronot NASA Neil Armstrong dan Edwin "Buzz" Aldrin berhasil berjalan di permukaan bulan pada 1969 sementara Michael Collins tetap di pesawat ruang angkasa. Tiga lelaki dalam novel Verne, bagaimanapun, tidak pernah menginjakkan kaki di bulan.

NASA telah mengakui kesamaan lain antara Apollo 11 dan novel Verne juga. Misalnya, badan antariksa mengatakan bentuk dan ukuran Columbiad sangat mirip dengan pesawat ruang angkasa Apollo.

Novel itu juga mengklaim bahwa teleskop dapat melihat kemajuan misi Columbiad. Ketika sebuah ledakan menyebabkan kegagalan selama misi Apollo 13 pada tahun 1970, sebuah teleskop di Johnson Space Center dapat melihat kecelakaan itu, yang terjadi lebih dari 200.000 mil jauhnya (300.000 kilometer).

2. Telepon Genggam Pertama

Perangkat Communicator ikonik di "Star Trek" pertama kali ditampilkan pada tahun 1966, tampak sangat mirip telepon flip. Meskipun para insinyur sedang berupaya mengembangkan teknologi ini pada 1960-an, debut ponsel pertama ini baru bisa diluncurkan pada 1973 oleh Motorola.

Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 1983, telepon seluler Motorola memasuki pasar. Perangkat itu besar, berat, dan mahal. Tetapi Motorola terus melakukan perbaikan pada beberapa tahun berikutnya. Ponsel flip pertama perusahaan itu dirilis pada tahun 1989, mirip dengan perangkat "Star Trek".

Dalam beberapa tahun terakhir, The Wand Company telah menciptakan replika communicator modern. Perangkat yang memulai debutnya pada tahun 2015 ini terbuat dari aluminium dan magnetic stand untuk pengisian nirkabel. Perangkat ini juga memiliki fungsi bluetooth dan menyimpan beberapa rekaman suara dari episode "Star Trek".

3. Hologram 3D

Hologram 3D telah ditampilkan dalam beberapa film bergenre sci-fi selama beberapa dekade. Pada 2017, sebuah perusahaan Australia mengklaim telah berhasil menghasilkan tabel hologram yang menyerupai hologram futuristik dari film "Star Wars".

Di film itu diceritakan bahwa Princess Leia meminta bantuan Luke Skywalker menggunakan pesan holografik dalam film "Star Wars" tahun 1977. Sejak itu, para ilmuwan telah berupaya mengubah teknologi ini menjadi kenyataan.

Euclideon, sebuah perusahaan Australia, mengatakan telah membuat tabel hologram multi-pengguna pertama di dunia. Sebanyak empat orang dapat berinteraksi dengan hologram sekaligus menggunakan kacamata pelacak gerak.

Meskipun penemuan Euclideon telah direspon dengan beberapa keraguan, tetapi New Atlas melaporkan pada November 2018 perusahaan tersebut bergerak maju dengan membawa teknologi hologram tersebut ke pasar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com