Studi Ungkap Manfaat Baru Wedang Jahe, Bandrek, dan Sebangsanya bagi Tubuh

Kompas.com - 10/07/2019, 12:42 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Wedang jahe, bandrek, ronde, dan sebangsanya telat lama dianggap sebagai minuman berkhasiat untuk mengatasi radang, demam, serta mengatasi rasa dingin.

Namun, sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Cell Host Microbes tahun 2018 mengungkap, minuman hangat itu punya khasiat lebih besar dari yang diduga.

Jahe yang terkandung pada minuman itu memengaruhi keseimbangan mikrobiota dalam saluran pencernaan manusia sedemikian sehingga bisa membantu mencegah peradangan dinding usus dan melancarkan metabolisme.

Baca juga: Manfaat Jahe, untuk Asma Hingga Melangsingkan

Huang Ge Zhang, pakar mikrobiologi dari Universitas Louisville di Texas meneliti vesikula ekstraseluler pada (ELN) akar jahe. Ia menemukan banyak sekali mikro RNA dalam vesikula itu.

Ia lantas memurnikan ELN jahe dan memberikannya pada tikus putih sebagai makanan. Zang menjumpai, saluran pencernaan tikus outih menjadi lebih kaya dengan Lactobacillus, terutama Lactobacillus rhamnosu.

Semakin penasaran dengan dampak kesehatan jahe, Zhang mencekok sekelompok tikus puti dengan larutan sodium dekstran sulfat. Tujuannya, menginduksi terjadinya radang dan luka pada lambung dan usus.