Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Sering Pakai Topi Bikin Rambut Rontok dan Botak?

Kompas.com - 18/06/2019, 19:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Time

KOMPAS.com – Rambut rontok dan kebotakan memiliki banyak penyebab. Salah satu yang paling sering disebut-sebut adalah kebiasaan memakai topi. Namun, benarkah sering memakai topi bisa membuat rambut menjadi rontok dan menyebabkan kebotakan?

Menurut Dr Hayley Goldbach, seorang dermatolog di UCLA Health yang sering mendapat pertanyaan ini, banyak orang mengaitkan topi dan kebotakan karena melihat orang-orang yang berusaha menutupi kebotakannya dengan memakai topi.

Namun, nyatanya Anda tidak perlu terlalu khawatir jika ingin memakai topi. Goldbach berkata bahwa topi yang terlalu sempit mungkin bisa menyebabkan iritasi dan peradangan pada folikel rambut; tetapi seharusnya topi tidak menjadi penyebab utama kerontokan rambut, melainkan salah satu faktornya.

Pendapat ini disetujui oleh Dr. Michael Wolfeld, seorang ahli bedah plastik yang berspesialisasi dalam bidang restorasi rambut dan Assistant Clinical Professor di  Mount Sinai Medical Center, New York.

Baca juga: Efek Samping Obat Anti-Botak Ini Mengganggu Ereksi

Dia berkata bahwa penyebab kebotakan bersifat multifaktorial. Terlalu kencang menarik rambut ke belakang, seperti memakai ikatan ekor kuda, bisa menyebabkan tekanan yang menarik folikel rambut. “Pada periode bertahun-tahun, tekanan ini bisa menyebabkan rambut rontok,” ujarnya.

Akan tetapi, kebanyakan orang tidak memakai topi sekencang itu untuk menyebabkan rambut rontok. Menurut Wolfeld, genetika jauh lebih berperan dalam menyebabkan kerontokan rambut daripada topi.

Pasalnya, kebotakan, baik pada laki-laki maupun perempuan, diawali dengan sensitivitas genetik terhadap hormon dihydrotestosterone (DHT) yang berada di kulit kepala dan bagian tubuh lainnya. Ketika bertemu dengan DHT, folikel rambut bereaksi dengan menyusut.

Itulah sebabnya, terapi anti kebotakan yang terbukti secara sahih, seperti finasteride, bekerja dengan menekan produksi DHT.

Baca juga: Seberapa Buruk Tidur dengan Rambut Masih Basah?

Namun, harus diakui bahwa bahan yang digunakan untuk membuat topi bisa menyebabkan kebotakan.

Dr Adam Friedman, profesor demartologi di George Washington University, mengatakan, jika topi menyebabkan reaksi alergi di kulit kepala, hal itu bisa menyebabkan peradangan yang berujung pada kerontokan rambut. Apalagi bila orang tersebut memang sudah memiliki bakat genetik untuk kebotakan, reaksi alergi terhadap topi bisa mempercepat prosesnya.

Kemudian pada kasus yang lebih langka, garam dari keringat yang menempel pada topi bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan juga.

Akan tetapi, para ahli setuju bahwa pemakaian topi memiliki kemungkinan yang sangat-sangat kecil dalam menyebabkan kebotakan. Topi justru bisa melindungi kulit kepala dan wajah penggunanya dari kerusakan ultraviolet yang menurut Friedman harus lebih diperhatikan karena dapat menyebabkan kanker kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com