Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cabut Rumput, Mata Perempuan Taiwan "Kelilipan" 4 Lebah Hidup

Kompas.com - 10/04/2019, 17:45 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Kelilipan debu yang sangat halus saja rasanya sudah sangat mengganggu dan mengganjal di mata, bukan? Tapi, bagaimana jika ada serangga yang masuk lalu hidup di mata?

Inilah yang dialami oleh seorang perempuan asal Taiwan bernama Nona He. Para dokter terkejut menemukan bukan hanya satu, tapi empat lebah kecil hidup di dalam matanya.

Ini merupakan peristiwa pertama yang terjadi di pulau tersebut.

Insiden ini terjadi ketika perempuan tersebut mencabut rumput liar saat mengunjungi makam kerabatnya. Saat itulah beberapa lebah keringat kecil tersebut terbang dan masuk ke matanya.

Baca juga: Cerita 4 Ahli Biologi Temukan Lebah Raksasa Wallace Saat Liburan

Semula, dia mengira itu hanya debu yang masuk ke dalam mata kirinya. Tapi beberapa jam kemudian matanya bertambah bengkak dan kesakitan.

Perempuan ini kemudian mencari bantuan medis.

Dr Hong Chi Ting, profesor mata dari Rumah Sakit Universitas Fooyin, Taiwan mengaku terkejut saat menarik serangga berukuran 4 milimeter itu keluar.

"Dia tidak bisa sepenuhnya menutup matanya. Saya melihat ke celah dengan mikroskop dan melihat sesuatu yang hitam seperti kaki serangga," ungkap Dr Hong dikutip dari BBC, Rabu (10/04/2019).

"Saya menarik kaki itu dan dengan lambat mengambil satu, lalu aku melihat yang lain, dan masih ada beberapa di sana. Mereka masih utuh dan semuanya hidup," imbuhnya.

Dr Hong menjelaska, lebah bisa saja tertiup ke dalam mata perempuan itu akibat embusan angin dan terjebak di dalamnya.

"Lebah-lebah ini biasanya tidak menyerang orang tetapi mereka suka minum keringat, itulah nama mereka," kata Dr Hong.

Sebagai informasi, lebah keringat atau dikenal sebagai Halictidae adalah serangga yang senang mendarat pada orang untuk menyerap keringat. Menurut Kansas Entomological Society, beberapa individu lebah keringat juga suka minum air mata manusia karena kandungan protein yang tinggi.

Beruntung, keempat lebah keringat itu behasil dikeluarkan dan nona He sedang memasuki masa pemulihan.

Dia menambahkan, He beruntung karena tidak menggosok mata ketika lebah-lebah itu masih di dalam matanya.

Baca juga: Punya Nilai Ekonomi Tinggi dan 6 Fakta Lain Lebah Raksasa Asal Maluku

"Dia memakai lensa kontak sehingga tidak berani menggosok matanya kalau-kalau merusak lensa. Jika dia melakukannya, dia bisa menginduksi lebah untuk menghasilkan racun... dia bisa menjadi buta," tegas Dr Hong.

Uniknya, lebah-lebah yang terjebak di mata perempuan itu kini masih hidup setelah dikeluarkan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang hewan ini, mereka dikirim ke organisasi lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com