Bagaimana "T-Rex" Berjalan? Studi Baru pada Burung Mengungkapnya

Kompas.com - 26/02/2018, 19:33 WIB
Shela Kusumaningtyas,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com -- Dari penelitian terbaru, terungkap bahwa ada kemungkinan dinosaurus memiliki kemampuan berjalan dan berlari layaknya unggas. Hal ini diketahui dari penelitian yang diketuai Peter Bishop dari Museum Queensland, seperti yang dikutip dari ABC News pada Senin (26/2/2018).

Kendati itu bukanlah dugaan pertama yang menyebut dinosaurus punya kemampuan berjalan seperti burung, permodelan yang dipakai dalam penelitian ini terbilang lebih unggul dari penelitian terdahulu. Permodelan kali ini secara tepat mengidentifikasi pergerakan burung bisa dipakai untuk melacak pergerakan dinosaurus.

Sebetulnya, hasil penelitian yang terbit pada Rabu (21/2/2018) di Jurnal PLOS One tersebut tidak terlalu mengagetkan. Pasalnya, para ilmuwan telah mengetahui bahwa burung berevolusi dari kelompok teropoda yang anggotanya termasuk Tyrannosaurus rex.

Peter Bishop berkata bahwa jejak kaki dan fosil tidak bisa melacak bagaimana dinosaurus sesungguhnya bergerak. Untuk itu, diperlukan permodelan seperti yang dia lakukan.