Dengan Bacon, Inggris Masuki Perlombaan Daging Laboratorium

Kompas.com - 20/03/2019, 19:34 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com – Para peneliti semakin terpacu untuk menciptakan berbagai macam daging di laboratorium. Terbaru, para peneliti dari Universitas Bath di Inggris ingin menciptakan bacon di laboratorium.

Dilansir dari BBC, Selasa (19/3/2019); insinyur kimia Dr Marianne Ellis yang terlibat dalam studi meyakini daging laboratorium akan menjadi sumber protein alternatif di masa depan.

Sejauh ini, mereka telah berhasil menumbuhkan sel daging tikus di atas jaringan daun sebagai bukti konsep.

Mahasiswa postgraduate Nick Shorten dari Aberystwyth University yang juga terlibat dalam studi berkata bahwa langkah mereka adalah menciptakan bioreaktor untuk memproduksi daging buatan dalam jumlah banyak.

“Jadi babinya masih hidup bahagia dan Anda punya banyak bacon,” ujarnya.

Baca juga: Roti Tepung Kecoak Ini Disebut Lebih Berprotein dari Daging, Mau Coba?

Akan tetapi, tentunya membuat bacon di laboratorium tidak semudah klaim Shorten. Dibutuhkan penelitian selama bertahun-tahun untuk meniru rasa dan teksturnya.

Daging tikus yang mereka tumbuhkan di atas daun, misalnya, ternyata murni jaringan otot dan terasa keras. Untuk menciptakan daging yang bertekstur seperti steak, para peneliti harus menambahkan sel lemak dan sel jaringan lainnya.

Di luar itu, masih ada banyak pertanyaan mengenai bioreaktor yang diimpikan oleh para peneliti.

Ellis mengatakan, apa yang ingin kami lakukan di sini adalah merancang bioreaktor dan bioprosesnya untuk menumbuhkan sel otot pada skala besar yang ekonomis, aman dan berkualitas tinggi, agar kami dapat menyediakan sel otot sebagai daging buatan sebanyak yang diinginkan oleh masyarakat.