Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerry Merryman, Si Jenius Penemu Kalkulator Tutup Usia

Kompas.com - 08/03/2019, 18:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor


KOMPAS.com - Jerry Merryman, salah satu penemu kalkulator elektronik gengam. Pria yang dikenal cerdas, baik hati, dan humoris itu berpulang di usia 86 tahun pada 27 Februari 2019.

"Merryman wafat di rumah sakit di Dallas akibat komplikasi penyakit jantung dan gagal ginjal," ujar putri tirinya, Kim Ikovic.

Ikovic berkata, ayahnya telah dirawat di rumah sakit sejak akhir Desember setelah mengalami komplikasi selama pembedahan untuk memasang alat pacu jantung.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Kalkulator

Jerry Merryman adalah satu dari tiga orang yang dianggap sebagai penemu kalkulator genggam saat bekerja untuk perusahaan Texas Instruments yang berpusat di Dallas.

Tim tersebut dipimpin oleh Jack Kilby, yang merintis jalan untuk komputer yang kita kenal sekarang dengan diciptakannya sirkuit terintegrasi yang meraih Hadiah Nobel, selain juga James Van Tassel. Purwarupa dari kalkulator yang mereka ciptakan sekarang tersimpan di Smithsonian Institution.

"Saya meraih gelar Ph.D. di bidang ilmu pengetahuan tentang materi, dan saya mengenal ratusan ilmuwan, profesor, para pemenang Hadiah Nobel, dan lain-lain. Jerry Merryman adalah yang paling cerdas yang pernah saya jumpai. Titik. Benar-benar, sangat cerdas," ujar Vernon Porter, mantan kolega dan sahabatnya di Texas Instrument.

"Daya ingatnya luar biasa dan ia memiliki kemampuan untuk menciptakan rumus, informasi, pada hampir subyek apapun," imbuh Porter.

Revolusi elektronik

Seorang YouTuber asal Jepang mendemonstrasikan cara menggunakan kalkulator sebagai instrumen musik.Wahyunanda Kusuma Pertiwi/Doc. YouTube Its a Small World Seorang YouTuber asal Jepang mendemonstrasikan cara menggunakan kalkulator sebagai instrumen musik.

"Jerry yang mengerjakan rancangan sirkuit untuk kalkulator ini dalam waktu tiga hari, dan apabila ia mampir, ia akan bersandar dan mengatakan, ‘selamat malam'," kata Ed Millis, mantan koleganya di Texas Instruments.

Merryman mengatakan kepada jaringan sindikasi radio "semua masuk dalam pertimbangan" tahun 2013.

"Saat itu menjelang akhir tahun 1965, Jack Kilby, atasan saya, mengemukakan gagasan tentang sebuah kalkulator. Ia memanggil beberapa orang ke kantornya. Ia berkata, kami ingin menciptakan semacam perangkat komputasi untuk menggantikan sempoa. Mungkin akan menyenangkan apabila ukurannya bisa sekecil buku yang saya pegang di tangan ini," ujar Jerry saat itu.

"Konyolnya saya, saya kira kami hanya sekedar memproduksi kalkulator, namun sesungguhnya kami menciptakan sebuah revolusi elektronik," imbuh Jerry.

Pihak Smithsonian mengatakan ketiga orang itu telah cukup mencapai kemajuan pada bulan September 1967 untuk mendaftarkan sebuah paten, namun mereka revisi lagi hasil ciptaannya hingga mereka akhirmya mendaftarkannya pada bulan Juni 1974.

Lahir di Texas

Merryman lahir dekat sebuah kota kecil yaitu Hearne, di Texas Tengah, pada tanggal 17 Juni 1932. Sebelum menginjak usia 11 tahun, ia telah menjadi teknisi andalan untuk memperbaiki radio di kotanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com