Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hanya Kehilangan, Sindrom Patah Hati Juga Berasal dari Otak

Kompas.com - 07/03/2019, 15:02 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Baru-baru ini para peneliti menemukan bahwa asal usul patah hati terdapat di otak. Lebih khusus lagi, asal-usul suatu kondisi yang disebut "sindrom patah hati".

Sindrom patah hati, atau kardiomiopati takotsubo, terjadi ketika otot jantung tiba-tiba melemah dan menyebabkan jantung berubah bentuk. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh emosi atau stres yang ekstrem, seperti kehilangan orang yang dicintai.

Sekarang, sebuah studi baru menemukan bahwa otak juga tampaknya memainkan peran penting dari sindrom tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa pada orang yang mengembangkan sindrom patah hati, area otak yang bertanggung jawab untuk mengendalikan respons stres seseorang tidak berfungsi sebaik yang mereka lakukan pada orang tanpa gangguan ini.

Baca juga: Anjingnya Mati, Seorang Wanita Alami Sindrom Patah Hati dan Masuk UGD

Temuan ini diterbitkan 5 Maret di jurnal European Society of Cardiology.

Sindrom patah hati memiliki gejala yang mirip dengan serangan jantung, termasuk nyeri dada dan sesak napas.

Meskipun sindrom ini dapat memiliki konsekuensi yang bertahan lama, kebanyakan orang yang mengalaminya akan pulih sepenuhnya tanpa kerusakan permanen pada jantung, menurut Pusat Informasi Penyakit Genetik dan Langka.

Tetapi masih belum jelas mengapa beberapa orang mengembangkan kondisi ini dan yang lainnya tidak, kata Jelena-Rima Ghadri, co-author penelitian ini dari University Hospital Zurich, Swiss.

Melansir dari Live Science, Selasa (05/03/2019), karena hal itu, Ghadri dan timnya memutuskan memeriksa peran otak dari kondisi yang biasanya dipicu oleh emosi yang ekstrem tersebut.

Untuk melakukannya, tim memindai otak dari 15 pasien wanita yang sebelumnya menderita sindrom patah hati.

Pemindaian otak berlangsung pada 2013 dan 2014. Pasien telah didiagnosis, rata-rata, sekitar satu tahun sebelum pemindaian.

Pemindaian dilakukan di Rumah Sakit Universitas Zurich sebagai bagian dari interTAK Registry, sebuah pendaftar internasional untuk orang-orang dengan sindrom patah hati.

Pemindaian otak dibandingkan dengan 39 pemindaian otak lainnya, diambil pada pasien tanpa sindrom patah hati.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa orang-orang dengan kondisi tersebut memiliki lebih sedikit koneksi antara daerah otak yang terkait dengan pemrosesan emosional dan sistem saraf otonom - alat yang mengontrol proses otomatis dalam tubuh kita seperti berkedip dan detak jantung.

Baca juga: Sindrom Patah Hati Berbahaya bagi Jantung

Untuk diketahui, neuron membentuk koneksi untuk berbicara satu sama lain dan mengirim sinyal ke otak. Artinya, jika koneksi-koneksi itu jarang maka wilayah-wilayah otak yang berbeda tidak dapat berkomunikasi dengan cukup baik untuk membentuk suatu tindakan, seperti respons yang tepat terhadap situasi yang penuh tekanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com