Gigi Cumi-cumi Bisa Dijadikan Bioplastik hingga Pakaian Pintar

Kompas.com - 22/02/2019, 17:47 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Permasalahan sampah plastik menjadi perhatian dunia. Karenanya, banyak ahli yang mencoba mencari cara untuk menggantikan plastik dengan produk lain.

Kali ini, para peneliti dari Pennsylvania State University mencoba membuat bioplastik dari gigi cumi.

Sifat luar biasa dari protein cui yang baru ditemukan dianggap bisa merevolusi bahan dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh plastik konvensional. Hal ini dipaparkan oleh para peneliti dalam laporan mereka di jurnal Frontiers in Chemistry.

Protein tersebut beradal dari gigi cincin lengan cumi predator. Bahan dari protein tersebut ramah lingkungan dan dapat terurai sevara hayati.

Baca juga: Penyelam Selandia Baru Temukan Cumi-cumi Raksasa Sepanjang 4 Meter

Keunggulan lain dari bahan ini adalah bisa diproduksi dalam skala besar dan berkelanjutan menggunakan metode kultur laboratorium.

"Protein cumi-cumi dapat digunakan untuk menghasilkan bahan generasi berikutnya untuk bidang lain termasuk energi, biomedis, serta sektor keamanan dan pertahanan," ungkap Melik Demirel, penulis utama penelitian ini dikutip dari Phys.org, Kamis (21/02/2019).

"Kami meninjau pengetahuan saat ini terhadap cincin gigi cumi-cumi, yang merupakan alternatif yang sangat baik untuk menggantikan plastik karena sifatnya ramah lingkungan dan berkelanjutan," imbuhnya.

Gigi Cumi-cumi

Sebagai informasi, untuk memakan mangsanya, cumi-cumi bergantung pada alat pengisap yang kuat di ujung tentakel mereka. Alat pengisap itu dilengkapi dengan gigi yang disebut dengan squid ring teeth (SRT).

Para peneliti menemukan bahwa gigi tersebut memiliki protein yang bisa diubah menjadi serat dan film untuk membuat plastik keras dan fleksibel.

"Alam menghasilkan berbagai bahan pintar yang mampu peka lingkungan, menyembuhkan diri sendiri, dan punya fungsi mekanis luar biasa," ujar Demirel.

"Bahan ini, atau biopolimer, memiliki sifat yang unik dan tidak mudah ditemukan dalam polimer sintetis seperti plastik. Lebih penting lagi, biopolimer ini berkelanjutan dan dapat direkayasa untuk meningkatkan sifat fisik mereka," sambungnya.

Sayangnya, cumi-cumi berukuran rata-rata hanya mengandung sekitar 100 miligram protein SRT. Meski begitu, Demirel dan koleganya tidak kehilangan akal.