Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Israel akan Sampai Bulan dengan "Membonceng" Satelit Indonesia

Kompas.com - 22/02/2019, 13:46 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Satelit komunikasi baru bernama Nusantara Satu dari perusahaan penyedia jasa telekomunikasi Indonesia, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), diluncurkan ke orbit pagi tadi dengan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX.

Dilansir Fast Company, Kamis (21/2/2019), Nusantara Satu diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan konektivitas internet di seluruh kepulauan Indonesia.

Selain membawa satelit penting dari Indonesia, Falcon 9 juga membawa pesawat ruang angkasa S5 Air Force Research Laboratory (AFRL) yang dikembangkan dan diintegrasikan oleh Blue Canyon Technologies yang bakal menjalankan misi satu tahun.

Baca juga: SpaceX Luncurkan 10 Satelit Komunikasi Iridium

Selain AFRL, pesawat ruang angkasa milik Badan Antariksa Israel (SpaceIL) yang akan menjelajah bulan, Baresheet, juga ikut menumpang perjalanan satelit Nusantara Satu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Baresheet akan melakukan perjalanan singkat selama dua bulan. Ini adalah pesawat ruang angkasa yang dibuat untuk memenangkan kompetisi Google Lunar Xprizr dan didanai swasta.

Beresheet, pesawat ruang angkasa teringan dan termurah yang disiapkan Israel untuk menjelajah bulan. Beresheet, pesawat ruang angkasa teringan dan termurah yang disiapkan Israel untuk menjelajah bulan.
Baresheet merupakan pesawat ruang angkasa terkecil yang pernah mendarat di bulan, beratnya hanya sekitar 600 kilogram.

Setelah mendarat, Baresheet akan langsung mengirim foto dan video dari Bulan dan melakukan pengukuran ilmiah.

Falcon 9 SpaceX lepas landas pada Kamis (21/2/2019) pukul 20.45 waktu EST atau Jumat (22/2/2019) pukul 8.45 WIB dari stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral.

Baca juga: Israel Bakal Jadi Negara Keempat yang Menginjakkan Kaki di Bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com