Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjulurkan Lidah Sejak dalam Kandungan, Bayi Ini Alami Kondisi Langka

Kompas.com - 29/12/2018, 19:01 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber Fox News

OKLAHOMA, KOMPAS.com - Balita berusia 16 bulan di Oklahoma lahir dalam kondisi langka, yaitu lidahnya menjadi besar secara tidak normal. Untuk mengurangi ukurannya, balita ini harus melalui serangkaian pembedahan.

Balita itu dalah Baker Roth. Dia mengalami kondisi yang disebut Beckwith-Wiedemann Syndrome atau BWS.

Menurut Rumah Sakit Anak Philadelphia, sindrom itu merupakan kelainan genetik yang umumnya ditandai oleh pertumbuhan berlebih. Kondisi ini hanya terjadi satu berbanding 11.000 kelahiran.

"Lidah adalah tantangan terbesarnya saat ini," ungkap Farrah Roth, ibunda Baker dikutip dari Fox News, Jumat (28/12/2018).

Baca juga: Kondisi Langka, Lidah Wanita Ini Menghitam Setelah Konsumsi Antibiotik

Farrah mengisahkan bahwa Baker sejak usia 6 minggu sudah harus hidup dengan tabung trakeostomi. Tabung tersebut membantu Baker bernapas.

"Kami belum pernah mendengarnya menangis atau berbicara," kisah Farrah.

Sayangnya, kesulitan bernapas bukan satu-satunya masalah untuk Baker. Kondisi lidahnya juga membuat balita itu sulit makan.

Untuk menjaga asupan makanannya, Baker harus mengonsumsi makanan lunak dan susu formula melalui tabung pengisi yang dikenal sebagai tombol Mickey.

Diagnosis BWS pada Baker ini sebenarnya cukup mengejutkan. Pasalnya, Baker telah menjulurkan lidahnya sejak masa kandungan.

Baker Roth, balita yang mengalami kondisi langka lidahnya membesar Baker Roth, balita yang mengalami kondisi langka lidahnya membesar

Melalui pemeriksaan ultrasonik, terlihat bayi kecil itu seperti menjulurkan lidah. Mulanya, Farrah dan dokter kandungannya menganggap itu hal yang lucu.

Mereka tidak pernah menganggap hal itu sebagai tanda kondisi langka.

"Saya selalu berpikir itu lucu bahwa lidahnya menjulur dalam pemindaian ultrasound, tapi secara realistis itu adalah macroglossia (lidah membesar) yang disebabkan BWS," ujar farrah.

"Tidak banyak dokter yang mengenal sindrom ini dan kami hanya berpikir itu menggemaskan, saya bahkan mengunggap tentang betapa lucunya itu," imbuhnya.

Selain lidahnya yang membesar, Baker juga mengalami omphalocele atau cacat lahir yang menyebabkan usus bayi atau kadang-kadang organ lain menempel di luar perut melalui pusar.

Balita ini jga didiagnosis memiliki hepatoblastoma atau kanker anak-anak. Tumor kanker itu ditemukan di bagian livernya.

Baca juga: Peneliti Ungkap Alasan Kondisi Langka Tulang Meleleh Seperti Lilin

Menurut Farrah, diagnosis kanker, lidah yang membesar, dan omphalocele semuanya terkait dengan BWS yang dialaminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com