Kondisi Langka, Lidah Wanita Ini Menghitam Setelah Konsumsi Antibiotik

Kompas.com - 07/09/2018, 17:35 WIB
Ilustrasi membersihkan lidah Art-Of-PhotoIlustrasi membersihkan lidah

KOMPAS.com - Seorang perempuan asal Missouri, AS mendapati penampakan tak biasa di lidahnya. Lidah perempuan tersebut tiba-tiba menjadi berbulu hitam.

Hal tersebut dia alami setelah pulih dari kecelakaan mobil serius. Setelah keluar dari rumah sakit, dia mengeluhkan mual dan rasa tidak enak pada mulutnya.

Dokter yang melakukan pemeriksaan oral menunjukkan lidah perempuan itu menjadi hitam dan tertutup struktur seperti rambut.

Kondisi langka ini dikenal sebagai lingua villosa nigra. Meski terlihat mengerikan, kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya.

Tim medis mendiagnosis penyebab kondisi tersebut berhubungan dengan antibiotik yang dikonsumsinya.

Awalnya, perempuan yang enggan disebut namanya itu mengalami cedera parah di mana kedua kakinya hancur. Pada masa pemulihan, terjadi infeksi di salah satu lukanya.

Untuk itu, tim medis memberinya serangkaian antibiotik yaitu meropenem dan minocycline.

Seminggu kemudian, lidah pasien mulai berwarna coklat kehitaman. Dia juga mengeluhkan rasa mual dan tidak enak di mulutnya.

Dalam laporan di New England Journal Medicine, minocycline disebut yang menjadi dalang dari kondisi ini.

Lidah berbulu sebenarnya merupakan kondisi umum yang jinak. Tapi biasanya warna yang didapati adalah kekuningan bukan hitam pekat seperti kasus ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Gizmodo
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X