Layaknya Agen Rahasia, Virus ini Bisa Menyadap dan Membunuh Inangnya

Kompas.com - 19/12/2018, 17:06 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Penelitian yang dilakukan oleh Professor Bonnie Bassler dan mahasiswanya Justin Silpe dari Princeton University berhasil mengidentifikasikan virus yang bisa menjadi agen untuk memata-matai bakteri inang tempat mereka hidup dan tinggal.

Virus yang bernama VP882 memiliki kemampuan untuk menguping komunikasi bakteri inang dengan bakteri lain dan membuat pilihan biner: tetap tinggal di dalam bakteri atau membunuh bakteri tersebut. Dengan catatan, opsi bunuh hanya dilakukan jika virus menemukan bakteri lain yang bisa digunakan sebagai inang barunya.

“Konsepnya adalah virus mendeteksi molekul yang digunakan bakteri untuk berkomunikasi,” ujar Bassler, dalam sebuah keterangan yang dikutip dari IFL Science pada Senin (17/12/2018).

Beberapa tahun sebelumnya, Bassler telah menemukan bahwa bakteri dapat berkomunikasi dan merasakan kehadiran satu sama lain melalui sinyal kimia. Komunikasi bakteri ini dilakukan untuk membangun kuorum sebelum mereka bertindak bersama.