Untuk Semua Pria, Ada 27 Virus yang Bisa Ditularkan Lewat Air Mani

Kompas.com - 26/09/2017, 08:10 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Tidak hanya HIV dan virus Hepatitis, ternyata ada 27 virus berbeda yang dapat ditularkan melalui air mani. Hasil ini ditemukan oleh para peneliti dari Universitas Oxford dan Public Health Rapid Support Team di Inggris.

Mereka mendapat ide untuk mempelajari topik tersebut setelah sebuah studi yang dipublikasikan dalam Emerging Infectious Disease pada 2016 melaporkan bahwa RNA dari virus Zika bisa hidup di dalam air mani.

Para peneliti kemudian melakukan pencarian di katalog PubMed dan mempelajari 3.800 laporan untuk mencari tahu virus apa saja yang bisa hidup dan ditularkan melalui air mani.

(Baca juga: Untuk Semua Pria, Bakteri pada Kulup Penismu Tingkatkan Risiko HIV)

Mereka menemukan 27 virus berbeda, termasuk Zika, yang bisa hidup di dalam air mani dan menginfeksi aliran darah. Lalu, sebanyak 11 virus, termasuk yang menyebabkan influenza, demam berdarah, dan sindrom pernapasan akut berat (SARS), juga ditemukan bisa hidup di dalam testis dan ditularkan melalui air mani.

Beberapa di antaranya, seperti HIV, ebola, herpes dan hepatitis, mungkin tidak mengejutkan. Namun, mayoritas dari patogen yang ditemukan oleh para peneliti belum pernah dipelajari sebagai penyakit yang dapat ditularkan secara seksual.

Para peneliti menegaskan bahwa tertular partikel virus tidak selalu menyebabkan infeksi atau penyakit. Akan tetapi, hal ini patut dipelajari lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh dari virus yang fungsional terhadap fertilitas dan perkembangan embrio.

Dalam laporan yang dipublikasikan melalui Emerging Infectious Disease, rekan peneliti Peter Horby dan Alex Salam juga bertanya: “Virus mana yang terbuang dan menetap di dalam air mani, samapi berapa lama, dan pada konsentrasi berapa?”

Akan tetapi, pertanyaan tersebut perlu dijawab dengan penelitian lebih lanjut.