Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemandangan Langka, Rusa Putih Tertangkap Kamera Sedang Bersin

Kompas.com - 04/10/2018, 07:06 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 26 September lalu, fotografer alam Oban van Shie berjalan-jalan di taman Bradgate, taman rusa berusia 800 tahun di Leicestershire, Inggris.

Saat menikmati pemandangan taman itu, ia terkejut dengan pemandangan yang aneh. Di antara kawanan rusa, terlihat rusa putih yang sedang duduk di rumput.

"Saya belum pernah melihat rusa putih sebelumnya. Saya tertarik karena kelangkaan mereka, meskipun orang lain yang telah mengunjungi taman ini pasti juga akan melihatnya," kata Van Shie seperti dikutip dari Live Science, Senin (1/10/2018).

Baca juga: Rusa Besar Kembar Tiga Tertangkap Kamera, Mengapa Jadi Berita Besar?

Van Shie pun segera menyiapkan kamera untuk membidik rusa langka tersebut. Namun, ternyata Van Shie justru mendapatkan momen langka yang tidak ia kira sebelumnya. Rusa yang hendak ia foto tiba-tiba bersin.

Keesokan harinya, Van Shie memposting foto rusa tersebut di Reddit dan menerima hampir 90.000 respons yang terkesan dengan foto tersebut.

"Saya telah menerima beberapa komentar yang meragukan apakah rusa itu bersin atau tidak. Tetapi setelah melakukan penelitian, saya yakin bahwa rusa itu bersin," kata Van Shie.

Baca juga: Tulang Tumbuh Selimuti Panah yang Tertancap di Rusuk Rusa, Kok Bisa?

Foto itu pun menjadi berharga karena momen tersebut sangat langka tertangkap kamera. Bahkan bisa dikatakan 1:8.000.000 untuk mendapatkan kesempatan tersebut.

Beberapa orang juga mengungkapkan jika foto tersebut jauh lebih langka dibandingkan melihat paus bungkuk bersin pelangi.

Rusa berbulu putih atau leukisme merupakan rusa yang paling langka dari empat jenis rusa fallow.

Tidak seperti albino, yang diakibatkan tidak adanya pigmen melanin, leukisme adalah kondisi gen resesif yang dihasilkan dari hilangnya berbagai jenis pigmen.

Meskipun tidak bisa dikatakan seberapa umum kondisi tersebut, namun Nature.org menyebut jika leukisme mempengaruhi setidaknya 1 persen rusa fallow di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com