Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antidepresan Anda Bisa Jadi Sedang Menciptakan Bakteri Super

Kompas.com - 17/09/2018, 18:09 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com – Salah satu jenis antidepresan yang paling umum diduga sedang memperparah resistensi antibiotik.

Studi yang dipublikasikan oleh para peneliti dari University of Queensland di jurnal Environmental International menemukan bahwa fluoxetine bisa mengubah bakteri Escherichia coli menjadi bakteri super dengan meningkatkan kekebalannya terhadap antibiotik.

Fluoxetine adalah sejenis serotonin reuptake inhibitor (SSRI) yang membatasi neuron di otak dalam menyerap serotonin. Dalam beberapa tahun terakhir, senyawa ini ditemukan juga bisa membunuh bakteri sehingga diharapkan dapat menjadi antimikroba baru.

Namun, kemampuan ini juga membuat beberapa pakar khawatir fluoxetine dapat menyebabkan resistensi antibiotik. Pasalnya, sebagian dari antidepresan keluar dari tubuh kita menuju ke saluran pembuangan.

Baca juga: Bagaimana Resistensi Antibiotik Bisa Terjadi?

Hal inilah yang menginspirasi para peneliti asal Australia untuk melakukan penelitian.

Para peneliti memaparkan strain E coli yang tidak kebal antibiotik terhadap berbagai konsentrasi fluoxetine. Setelah itu, bakteri yang selamat diletakkan di sebuah cawan petri berisi macam-macam antibiotik, seperti chloramphenicol, amoxicillin, dan tetracycline.

Para peneliti menemukan bahwa bakteri yang berhasil selamat ketika dipaparkan pada fluoxetine dengan cepat bermutasi agar dapat mengeluarkan antibiotik sebelum terbunuh. Bahkan semakin besar dosis fluoxetine yang mereka terima, semakin cepat bakteri bermutasi.

“Temuan ini menunjukkan bukti kuat bahwa fluoxetine secara langsung menyebabkan resistensi multi-antibiotik melalui mutasi genetik,” ujar penulis studi senior dan peneliti dari Pusat Pengelolaan Air di University of Queensland, Jianhua Guo, dalam siaran pers.

Para peneliti pun menghimbau untuk dilakukan lebih banyak penelitian mengenai keberadaan fluoxetine dan efeknya di lingkungan kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com