Antidepresan Anda Bisa Jadi Sedang Menciptakan Bakteri Super

Kompas.com - 17/09/2018, 18:09 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com – Salah satu jenis antidepresan yang paling umum diduga sedang memperparah resistensi antibiotik.

Studi yang dipublikasikan oleh para peneliti dari University of Queensland di jurnal Environmental International menemukan bahwa fluoxetine bisa mengubah bakteri Escherichia coli menjadi bakteri super dengan meningkatkan kekebalannya terhadap antibiotik.

Fluoxetine adalah sejenis serotonin reuptake inhibitor (SSRI) yang membatasi neuron di otak dalam menyerap serotonin. Dalam beberapa tahun terakhir, senyawa ini ditemukan juga bisa membunuh bakteri sehingga diharapkan dapat menjadi antimikroba baru.

Namun, kemampuan ini juga membuat beberapa pakar khawatir fluoxetine dapat menyebabkan resistensi antibiotik. Pasalnya, sebagian dari antidepresan keluar dari tubuh kita menuju ke saluran pembuangan.