Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Raksasa Ditemukan di Florida, Milik Hewan Apa?

Kompas.com - 14/08/2018, 20:32 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kru penggalian pekerjaan umum di Cape Coral, Florida baru-baru ini menemukan potongan tulang dari binatang purba yang memiliki ukuran menyerupai gajah. 

Benda tak biasa ini mereka temukan ketika sedang menggali pada kedalaman tanah 5 meter. Fragmen tulang tersebut berukuran sekitar panjang 30 sentimeter dan lebar 25,4 cm.

Saat menemukan tulang purba ini, para pekerja sedang melakukan penggalian di area Chiquita Boulevard dan Pine Island Road sebagai bagian dari proyek perluasan utilitas yang bertujuan untuk memperbaiki saluran air, limbah, dan irigasi.

“(Ini) bukan sesuatu yang biasanya kami temukan ketika sedang membangun fasilitas umum, tetapi kami pikir ini akan sangat menarik untuk dibagikan,” jelas Kevin Higginson, manajer dari proyek pekerjaan umum ini dikutip dari Newsweek, Senin (13/08/2018).

Para ahli menduga fosil yang cukup besar ini adalah pecahan rangka kaki depan milik mammoth atau mastodon.

Mereka memperkirakan bongkahan tulang ini berasal dari sekitar 10.000 tahun lalu yaitu pada periode Rancholabrean. Pada periode tersebut mammoth, bison, antelop, dan kuda menjelajahi semenanjung.

Menurut Richard Hulbert dari Florida Museum of Natural History, fragmen tulang yang ditemukan tidak cukup jelas bagi ahli peleontologi untuk dapat menentukan milik hewan apa.

Namun diasumsikan tulang ini merupakan distal humerus, atau tulang panjang kaki depan yang terletak di persendian milik hewan bergading tersebut.

"Ini adalah fragmen tulang yang cukup besar dan tidak mungkin menjadi satu-satunya tulang di daerah itu," ujar Ryan Franklin,  assisten direktur dari Archeological and Historical Conservancy Inc dilansir dari IFL Science, Senin (13/08/2018).

Baca juga: Mammoth Emas, Fosil Berbulu yang Diyakini Ahli Spesies Baru

Lebih lanjut, kebanyakan jenis fosil ini ditemukan pada saat penggalian dalam seperti untuk pencarian tertentu atau penelitian, pekerjaan utilitas, dan penggalian danau buatan.

Dengan penemuan fosil ini, sangat mungkin untuk menemukan fosil lain di sekitarnya dan kemungkinan ada lapisan fosil lain yang lebih besar di dekatnya yang berisi sisa-sisa hewan ini.

Mammoth dan mastodon diketahui menghuni Bumi pada saat yang bersamaan. Tetapi mereka adalah dua spesies yang berbeda dalam keluarga Proboscidean, atau termasuk gajah modern.

Beda keduanya adalah makanannya. Mammoth memakan rerumputan, sedangkan mastodon memakan daun dan dahan pada pohon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com