Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lemur Punya Kebiasaan Mengunyah Kaki Seribu, Untuk Apa?

Kompas.com - 31/07/2018, 17:00 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Sumber Newsweek

KOMPAS.com - Keinginan makan makanan spesifik di suatu waktu sering dilakukan oleh manusia. Misalnya saja, ketika cuaca panas, banyak orang ingin meneguk es.

Ternyata kebiasaan semacam ini tidak hanya dilakukan oleh manusia. Salah satu satwa liar yang juga melakukannya adalah lemur.

Dalam sebuah studi yang dirilis pada jurnal Primates, para peniliti menemukan bahwa lemur mempunyai kebiasaan mengunyah serangga kaki seribu.

Kebiasaan ini dilakukan untuk mengobati, mencegah gatal-gatal, dan menangani penurunan berat badan yang disebabkan oleh parasit di dalam usus mereka.

Temuan ini didapatkan oleh sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Louise Peckre dari Pusat Primata Jerman untuk Penelitian Primata pada Institut Leibniz.

Mereka mempelajari dan mengamati lima kelompok red-fronted lemur (Eulemur rufifrons) di Hutan Kirindy, pulau Madagaskar, Afrika.

Selama pengamatan, mereka memperhatikan bahwa beberapa lemur mengunyah kaki seribu untuk menghasilkan sejumlah zat berwarna oranye yang mungkin terdiri dari campuran air liur dan sekresi tubuh kaki seribu.

Setelah mengunyah kaki seribu, lemur kemudian menggosok ekstrak dari kunyahan ke alat kelamin, anus dan ekor mereka. Beberapa lemur bahkan memakan serangga tersebut.

Lemur, dan beberapa spesies mamalia lainnya, diketahui menggosok benda-benda, zat, atau material lain di bagian tubuh tertentu sebagai perilaku yang dikenal dengan pembersihan diri.

Tujuan dari perilaku ini diasumsikan untuk berkomunikasi dengan lemur lain, menghilangkan zat beracun dari makanan, atau mengobati diri sendiri.

"Pembersihan diri dikombinasikan dengan memakan sekresi kaki seribu mungkin merupakan cara pengobatan tersendiri oleh red-fronted lemur," kata Peckre dikutip dari Newsweek, Senin (30/07/2018).

Baca juga: Dengan Kecepatan Tinggi, Laba-Laba Unta Habisi Kaki Seribu

Sebagai informasi, kaki seribu memang mengandung zat yang dikenal sebagai benzoquinone. Zat tersebut berfungsi sebagai pengusir nyamuk alami.

Lemur bisa menggunakan kaki seribu untuk membersihkan parasit yang hidup di usus mereka.

Salah satunya adalah nematoda Oxyuridae, sekelompok cacing parasit yang diketahui menyebabkan ruam dan iritasi di sekitar anus.

"Yang menarik, selama pengamatan lemur menggosokkan tubuhnya, kami melihat adanya daerah botak di punggung bagian bawah. Ini diketahui sebagai tempat duduk dan kemungkinan (kebotakan) disebabkan oleh penggosokan berulang," kara Peckre.

Halaman:
Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com