Peta Ini Ungkap Laut Perawan yang Tersisa di Dunia

Kompas.com - 30/07/2018, 20:10 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekitar 70 persen permukaan Bumi ini tertutup oleh air, dan hampir seluruhnya telah dieksplorasi manusia untuk berbagai kepentingan.

Wilayah laut yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia sendiri adalah di daerah pesisir karena dianggap paling produktif dan kaya sumber dayanya. Tak heran, 40 persen populasi dunia memilih tinggal di dekat samudra.

Namun, sebuah analisis mendalam mengenai dampak manusia terhadap ekosistem laut global rupanya menemukan jika masih ada laut perawan di planet kita.

Pemetaan komprehensif lautan yang pertama kali dilakukan tersebut mengungkapkan bahwa dari total luas lautan dunia, hanya ada 13 persen atau sekitar 54 juta kilometer persegi bagian lautan di dunia ini yang tidak tersentuh oleh manusia.

"Hampir semua wilayah tersebut berada di Arktik, Antartika atau sekitar negara-negara Kepulauan Pasifik," kata Kendall Jones, peneliti dari University of Quennsland di Australia.