Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Hentikan Impor Limbah Plastik, Ini Dampaknya bagi Dunia

Kompas.com - 26/06/2018, 20:07 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk waktu yang cukup lama, China telah menjadi "tempat pembuangan sampah" limbah-limbah plastik dari seluruh dunia.

Hal ini bermula ketika pada tahun 1990-an, China melihat bahwa plastik bekas dapat didaur ulang menjadi material yang lebih berharga.

Sejak itulah timbal balik terjadi. China mendapatkan kiriman limbah dari berbagai negara, sedangkan negara lain bisa bernapas lega karena menyingkirkan limbah tanpa harus repot mengolahnya dengan biaya yang mahal.

Namun pada November 2017, China menyatakan cukup. Negara tersebut menutup pintu impor limbah plastik.

Baca juga: Resmi Sudah, Alam Liar Terakhir Bumi Terkontaminasi Plastik

Berita tersebut sontak membuat banyak pihak terkejut karena efeknya tidak main-main.

Berdasarkan makalah yang diterbitkan di jurnal Science Advances, tanpa adanya peran China dalam menampung limbah plastik; pada tahun 2030 nanti, akan ada sekitar 111 juta metrik ton sampah, termasuk di antaranya sedotan, tas, serta botol air, yang tidak memiliki tujuan.

"Meskipun ini adalah kebijakan baru China, namun ini tidak benar-benar salahnya (China). Sebab China telah mengimpor limbah plastik selama 28 tahun terakhir," kata Amy Brooks, peneliti sekaligus mahasiswa pascasarjana di University of Georgia.

"Dan setelah bebrapa waktu, mereka menyadari bahwa dunia bergantung pada mereka untuk mengelola limbah," tambahnya.

Sebagai  informasi, pada tahun 2016 selain mengolah limbahnya sendiri, China mengolah sampah dari 43 negara lain. Negara-negara berpenghasilan tinggi bertanggung jawab atas hampir 90 persen ekspor plastik sejak tahun 1988. Uni Eropa adalah eksportir teratas, diikuti oleh Amerika Utara dan Jepang.

Baca juga: Ribuan Sampah plastik Ada di Titik Terdalam Lautan, Ini Artinya

Parahnya lagi, studi Brooks juga mengungkap jika 90 persen plastik yang digunakan saat ini merupakan polimer sekali pakai.

Jelas, dengan berlakunya kebijakan ini akan membuat plastik-plastik dari negara asal terus menerus bertumpuk tanpa adanya pengolahan. Opsi lain yang mungkin bisa dilakukan adalah membakarnya atau menguburnya.

Namun lagi-lagi tanpa penanganan yang tepat, ada kemungkinan juga limbah bocor dan mencemari lingkungan.

Brooks pun berharap, kejadian ini akan membuka mata banyak negara untuk merencanakan pengolahan limbah yang lebih baik di masa depan, termasuk juga menerapkan peraturan untuk mengurangi plastik sekali pakai. Sebab masa depan planet ini tergantung dari kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com