Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 11 Tahun Temukan Fosil Berusia 475 Juta Tahun di AS

Kompas.com - 08/05/2018, 17:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Seorang bocah perempuan berusia dari Tennessee, AS menemukan sebuah fosil langka. Fosil ini berusia 475 juta tahun.

Gadis bernama Ryleigh Taylor itu mulanya sedang ikut memancing bersama orang tuanya pada Senin (30/04/2018). Dia kemudian memutuskan untuk beristirahat dan berjalan-jalan sebentar.

"Temanku mengambil alih pancing karena aku merasa lelah, dan aku mulai berjalan di sekitar batuan," ujar Reyleigh dikutip dari USA Today, Sabtu (05/05/2018).

"Dalam perjalanan kembali saya melihat ke bawah agar tidak jatuh, dan saya pikir melihat kumbang pada awalnya jadi saya pergi untuk melihat apa itu," imbuhnya.

Baca juga: Fosil Jari 90.000 Tahun di Arab Saudi, Bukti Kehebatan Migrasi Manusia

Gadis ini kemudian memanggil orangtuanya untuk melihat temuannya tersebut. Reyleigh sudah menduga bahwa itu sebuah fosil.

Sayangnya, ibunya, Tammy Taylor tak langsung percaya.

"Dia tahu itu fosil, tapi dia berusaha untuk memanggil kami untuk datang dan melihat itu, dan saya tidak langsung percaya karena tidak tahu... Saya hanya berpikir itu adalah sesuatu di atas batu," kata Tammy.

Reyleigh kemudian membawa fosil tersebut untuk membuktikannya.

Dilansir dari Time, Rabu (02/05/2018), keluarga Taylor kemudian meminta bantuan Collin Sumrall, seorang paleobiologi di University of Tennessee untuk mengkonfirmasi temuan tersbeut.

Sumrall mengatakan, Reyleigh menemukan seekor trilobita, hewan laut yang telah punah. Usia fosil yang ditemukan Reyleigh diperkirakan 475 juta tahun.

"Fosil tertua mungkin sedikit lebih tua dari itu," kata Sumrall.

"Itu sulit untuk diterima... 475 juta tahun, itu waktu yang lama," kata Tammy.

Menurut Sumrall, sulit menemukan fosil trilobita dengan bagian yang utuh seperti yang ditemukan Reyleigh. Fosil yang ditemukan Ryleigh tampak seperti exoskeleton, yang akan jadi tempurung trilobita saat mereka tumbuh.

Baca juga: 3 Bocah Ini Temukan Fosil Mastodon Prasejarah Saat Berlibur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com