Inilah Fosil Bayi Burung "Paling Langka dari yang Langka"

Kompas.com - 10/03/2018, 12:35 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Para peneliti mengungkapkan hasil penelitian mereka terhadap fosil bayi burung yang ditemukan di Las Hoyas, Spanyol, beberapa tahun lalu.

Bayi burung berusia 127 juta ini disebut sebagai "paling langka dari yang langka" oleh para peneliti karena fosil burung pada masa tersebut, terutama yang masih bayi, sangat sulit untuk ditemukan.

Dengan panjang dari hidung ke ujung ekor yang tidak lebih dari jari kelingking manusia, dan berat yang hanya sekitar 10 gram; fosil ini juga menjadi salah satu fosil terkecil yang pernah ditemukan.

Baca Juga: Seperti Manusia, Burung Gelatik Biru Juga Bisa Ceraikan Pasangannya

Burung ini termasuk dalam keluarga Enantiornithine yang hidup 66-250 juta tahun yang lalu. Ia memiliki penampilan yang tidak jauh berbeda dari burung modern, tetapi dilengkapi dengan gigi dan cakar pada masing-masing sayapnya.

RAUL MARTIN Bayi burung ketika masih hidup

"Sangat menakjubkan ketika menyadari bahwa banyak fitur burung modern telah berkembang lebih dari 100 juta tahun lalu," kata Luis Chiappe, dari Museum Sejarah Alam LA.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menggunakan teknik pemetaan unsur dan mikrotomografi sinkrotron pada fosil. Sinkrotron adalah partikel akselerator dengan menggunakan cahaya sangat intens untuk mempelajari sebuah fosil atau materi.